Produk Tenaga Surya

Tips Perawatan Panel Surya

Panel surya adalah sumber daya energi terbarukan yang semakin populer di Indonesia. Panel surya sangat berguna untuk menghasilkan listrik untuk keperluan rumah tangga atau bahkan untuk bisnis. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips perawatan panel surya agar tetap tahan lama dan berfungsi dengan baik.

Tips Perawatan Panel Surya Agar Tahan Lama dan Berfungsi Optimal

sumber: canva

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan agar panel surya Anda berfungsi secara optimal:

1. Bersihkan Panel Surya Secara Rutin

Salah satu hal penting dalam perawatan panel surya adalah membersihkan panel secara rutin. Debu, kotoran, dan benda lainnya dapat menempel pada panel surya dan mengurangi efisiensi panel surya dalam menghasilkan listrik. 

Anda dapat membersihkan panel surya menggunakan air bersih dan sabun yang lembut. Pastikan panel surya dalam keadaan mati dan dingin sebelum membersihkannya.

2. Lindungi Panel Surya dari Suhu yang Ekstrem

Panel surya dapat berfungsi dalam suhu yang ekstrem, namun suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mempengaruhi efisiensi panel surya. Pastikan panel surya terlindungi dari suhu yang ekstrem dengan menempatkannya di tempat yang tepat.

3. Hindari Penggunaan Air dengan Kadar Garam Tinggi

Jika panel surya terkena air dengan kadar garam yang tinggi, hal ini dapat merusak panel surya. Hindari penggunaan air dengan kadar garam yang tinggi untuk membersihkan panel surya.

4. Periksa Tegangan dan Arus Listrik

Pastikan tegangan dan arus listrik pada panel surya dalam keadaan normal. Jika tegangan dan arus listrik terlalu rendah atau terlalu tinggi, efisiensi panel surya dapat terpengaruh. Periksa tegangan dan arus listrik secara berkala.

5. Periksa Baterai

Jika sistem panel surya Anda menggunakan baterai, pastikan baterai dalam keadaan baik dan terisi penuh. Baterai yang rusak atau kurang terisi dapat mempengaruhi efisiensi panel surya dalam menghasilkan listrik.

6. Perhatikan Posisi Panel Surya

Posisi panel surya juga dapat mempengaruhi efisiensi panel surya. Pastikan panel surya menghadap ke arah matahari dengan baik dan tidak ada benda yang menghalangi cahaya matahari masuk ke panel surya. Jika perlu, sesuaikan posisi panel surya agar menghadap matahari dengan lebih baik.

7. Gunakan Jasa Teknisi yang Berpengalaman

Jika Anda tidak yakin dengan perawatan panel surya, gunakan jasa teknisi yang berpengalaman. Teknisi yang berpengalaman dapat membantu Anda melakukan perawatan yang tepat dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada panel surya.

Penutup

Jangan biarkan panel surya Anda rusak karena kurang perawatan! Percayakan perawatan panel surya Anda pada Atonergi, ahli energi terbarukan yang siap membantu Anda menjaga efisiensi panel surya Anda. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan tips perawatan panel surya yang lebih lanjut!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 24 − 15 =