Tips Merawat Pompa Submersible Tenaga Surya: Memastikan Kinerja Optimal

Sumber: Canva

Pompa submersible tenaga surya adalah solusi yang efisien dan ramah lingkungan untuk memompa air di lokasi terpencil atau tanpa akses listrik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi yang komprehensif tentang cara merawat pompa submersible tenaga surya Anda agar tetap berkinerja optimal. 

Tips Merawat Pompa Submersible Tenaga Surya

Merawat pompa submersible tenaga surya dengan baik sangat penting agar kinerjanya tetap optimal dan masa pakainya lebih panjang. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

a. Membersihkan Panel Surya

Panel surya adalah sumber energi utama pompa. Pastikan panel surya tetap bersih dari debu, kotoran, atau daun yang bisa menghalangi sinar matahari. Bersihkan panel secara teratur dengan menggunakan air bersih dan lap lembut.

b. Memeriksa Kabel dan Koneksi

Periksa kabel dan koneksi pada pompa secara teratur untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran. Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan tidak ada kebocoran yang dapat mempengaruhi kinerja pompa.

c. Memastikan Pompa Tersubmersi dengan Baik

Pompa submersible harus selalu terendam sepenuhnya dalam air. Pastikan pompa terpasang dengan benar di tempat yang sesuai dan tidak ada kebocoran yang mempengaruhi kinerjanya. Jika pompa terangkat dari permukaan air, matikan segera dan periksa apakah ada masalah dengan instalasi atau komponen pompa.

d. Membersihkan Filter

Filter pada pompa submersible perlu dibersihkan secara teratur. Debu, kotoran, atau pasir dapat mengendap di filter dan mengurangi aliran air yang dihasilkan. Bersihkan filter dengan air bersih atau sikat lembut untuk memastikan aliran air tetap lancar.

e. Memeriksa Tegangan Baterai

Jika pompa Anda dilengkapi dengan baterai, periksa tegangan baterai secara berkala. Pastikan baterai terisi penuh dan dalam kondisi baik. Baterai yang lemah atau rusak dapat mempengaruhi kinerja pompa.

f. Memeriksa Sistem Pengontrol

Periksa sistem pengontrol pompa untuk memastikan semua pengaturan dan parameter berfungsi dengan baik. Pastikan pompa bekerja sesuai kebutuhan dan tidak ada gangguan pada sistem pengontrol.

Penutup

Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin dan memeriksa komponen pompa secara berkala. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi Atonergi sebagai ahli pompa atau teknisi terpercaya.

By : Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Tyas: 0821-4302-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok : @atonergi
Tokopedia : Atonergi
Shopee : Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 1 × 1 =