Cara Menghindari Karat pada Pompa Submersible: Tips Terbaik untuk Mencegah Kerusakan

Sumber: Canva

Pompa submersible adalah perangkat penting yang digunakan untuk mengalirkan air dari sumber ke permukaan. Namun, satu masalah umum yang sering dihadapi pengguna pompa submersible adalah karat. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menghindari karat pada pompa submersible.

Cara Menghindari Karat pada Pompa Submersible

Berikut cara menghindari karat pada pompa submersible Anda.

1. Memilih Material yang Tahan Karat

Pertimbangkan untuk memilih pompa submersible yang terbuat dari material yang tahan karat, seperti stainless steel atau plastik polimer yang diperkuat. Material ini lebih tahan terhadap korosi dan karat, sehingga pompa akan lebih awet dan dapat bekerja dengan baik dalam jangka waktu yang lama. 

2. Menggunakan Coating Anti-Karat

Jika pompa submersible yang Anda miliki tidak terbuat dari material tahan karat, Anda dapat menggunakan coating anti-karat untuk melindungi permukaan pompa. Coating ini membentuk lapisan pelindung yang mencegah korosi dan karat.

3. Melakukan Perawatan Rutin

Perawatan rutin sangat penting untuk mencegah karat pada pompa submersible. Bersihkan pompa secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan debu yang dapat menyebabkan karat. Selain itu, periksa juga kondisi seluruh komponen pompa, termasuk kabel, impeller, dan seal. 

4. Mengontrol Kondisi Lingkungan

Lingkungan yang lembab dan asam dapat mempercepat terjadinya korosi dan karat pada pompa submersible. Untuk menghindari hal ini, pastikan pompa terpasang di tempat yang kering dan terlindungi dari paparan air hujan langsung. Selain itu, periksa juga tingkat keasaman air yang digunakan.

5. Menggunakan Pelumas Anti-Karat

Pelumas anti-karat dapat digunakan pada pompa submersible untuk melindungi komponen internal dari karat. Pastikan untuk menggunakan pelumas yang direkomendasikan oleh produsen pompa. 

Terapkan pelumas secara teratur sesuai dengan petunjuk yang diberikan untuk menjaga pompa tetap berfungsi dengan baik dan mencegah terjadinya kerusakan akibat karat.

6. Menghindari Kontak Langsung dengan Air Laut

Jika Anda menggunakan pompa submersible untuk mengalirkan air laut, hindari kontak langsung antara pompa dan air laut. Air laut mengandung garam yang dapat mempercepat korosi dan karat pada pompa. 

Gunakan pipa atau selang tambahan untuk menjaga jarak antara pompa dan air laut. Selain itu, pastikan pompa terpasang pada posisi yang aman dan terlindungi dari goncangan dan benturan yang dapat merusaknya.

Penutup

Menghindari karat pada pompa submersible adalah langkah penting untuk menjaga kinerja dan umur pakai pompa. Hubungi Atonergi untuk membantu Anda merawat pompa tersebut!

By : Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 2 × = 8