Cara Merawat Panel Surya Rumahan dengan Benar Agar Awet

Solar panel menjadi pilihan dalam menghasilkan listrik di rumah. Namun, solar panel membutuhkan perawatan untuk mempertahankan kinerja dan umurnya. Tanpa perawatan, solar panel dapat mengalami kerusakan atau menurun efisiensinya. Oleh karena itu, ketahui cara merawat panel surya rumahan dengan tepat.

Cara Merawat Panel Surya Rumahan

Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk merawat solar panel:

1. Membersihkan Solar Panel Secara Rutin

Solar panel yang kotor atau tertutup debu dapat mengurangi kinerja dan efisiensi panel surya tersebut. Oleh karena itu, membersihkan solar panel secara rutin sangat penting. Berikut adalah beberapa cara membersihkan solar panel  dengan benar:

  • Gunakan air bersih dan sabun lembut untuk membersihkan permukaan solar panel . Pastikan untuk membilas panel surya secara menyeluruh dan mengeringkannya dengan lembut.
  • Hindari menggunakan bahan pembersih keras atau spons kasar yang dapat merusak permukaan panel surya.

2. Memeriksa Kondisi Solar Panel Secara Berkala

Solar panel harus diperiksa secara berkala agar dapat membantu mengidentifikasi masalah sejak dini dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperiksa:

  • Kabel dan konektor panel surya
  • Kondisi baterai solar panel dan pastikan kapasitasnya masih mencukupi
  • Kondisi inverter solar panel  dan pastikan tidak ada kerusakan.

3. Menjaga Suhu Solar Panel

Solar panel  dapat bekerja dengan efisien saat suhu lingkungan relatif sejuk. Oleh karena itu, menjaga suhu solar panel  sangat penting.

4. Menjaga Solar Panel dari Faktor Lingkungan yang Merusak

Solar panel harus dilindungi dari faktor lingkungan yang dapat merusaknya, seperti hujan, angin, dan debu. Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi solar panel dari faktor lingkungan yang merusak:

  • Pasang solar panel pada lokasi yang aman dari hujan dan angin kencang. Hindari pasang solar panel  di area yang terkena angin besar atau sering terjadi banjir.
  • Pastikan solar panel  tidak terkena debu atau kotoran yang dapat merusak permukaannya. Bisa juga menggunakan pelindung solar panel  atau aksesoris pelindung lainnya.

5. Menghindari Overcharging dan Undercharging

Overcharging dan undercharging dapat merusak baterai solar panel dan mengurangi efisiensi solar panel tersebut. Oleh karena itu, menghindari overcharging dan undercharging sangat penting. Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari overcharging dan undercharging:

  • Pastikan baterai solar panel tidak terlalu penuh atau terlalu kosong.
  • Gunakan pengontrol arus listrik yang tepat dan sesuai dengan solar panel yang digunakan.

Kesimpulan

Ikuti cara merawat panel surya rumahan di atas untuk mempertahankan kinerja dan umur panjang solar panel tersebut. Dengan merawat solar panel rumahan secara tepat, Anda dapat memaksimalkan penghematan biaya listrik. Percayakan perawatan solar panel Anda pada Atonergi!

By: Yee

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 3 = 2