Skema Panel Surya On-Grid Sederhana: Panduan Lengkap

Skema Panel Surya On-Grid Sederhana: Panduan Lengkap

Skema Panel Surya On-Grid Sederhana: Panduan Lengkap
sumber: pixabay

Dalam artikel ini, anda akan menemukan panduan lengkap tentang bagaimana membangun skema panel surya on-grid sederhana dan memasangnya di tempat tinggal atau gedung anda sendiri. 

Anda akan belajar langkah demi langkah cara membuat sistem on-grid yang efisien dan dapat menghasilkan listrik dari sinar matahari. Jadi, jangan ragu untuk membaca artikel ini dan dapatkan penjelasan yang mudah dipahami tentang bagaimana sistem on-grid dapat menghemat uang Anda!

Apa itu Sistem Panel Surya On-Grid?

Sistem panel surya on-grid adalah sistem yang terhubung ke jaringan listrik utama dan menghasilkan listrik dari sinar matahari. Sistem ini dirancang untuk menghasilkan listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah atau gedung anda. 

Panel Surya on-grid ini terhubung ke jaringan listrik utama sehingga apabila produksi listrik solar panel anda lebih dari kebutuhan rumah atau gedung, maka listrik tersebut akan dikirimkan ke jaringan listrik utama. Anda akan mendapatkan kredit listrik yang dapat digunakan di tagihan listrik Anda.

Skema Panel Surya On-Grid Sederhana: Bagaimana Cara Membuatnya?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat skema on-grid sederhana:

1.Pilih lokasi panel surya 

Pilih lokasi panel surya anda dengan benar. Pastikan lokasi tersebut terkena sinar matahari dengan baik sepanjang hari.

2.Pilih jenis panel surya yang tepat

Pilih jenis panel surya yang tepat untuk kebutuhan listrik Anda. Pastikan panel surya yang anda pilih memiliki daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda.

3.Pasang inverter 

Inverter adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah energi listrik DC (arus searah) yang dihasilkan oleh panel surya menjadi energi listrik AC (arus bolak-balik) yang dapat digunakan di rumah atau gedung Anda.

4.Hubungkan panel surya ke inverter

Panel surya dan inverter harus dihubungkan dengan benar. Pastikan kabel dan konektor yang digunakan aman dan kuat.

5.Hubungkan inverter ke jaringan listrik utama

Inverter harus dihubungkan dengan jaringan listrik utama melalui meter listrik yang dapat mengukur listrik yang diproduksi oleh panel surya dan yang digunakan oleh rumah atau gedung anda. Pastikan pemasangan dilakukan oleh ahli listrik yang terampil dan berpengalaman.

6.Tes sistem on-grid

Setelah semua peralatan terpasang, pastikan sistem on-grid bekerja dengan benar. Cek meter listrik dan pastikan produksi listrik panel surya dapat masuk ke jaringan listrik utama dan menghasilkan kredit listrik yang dapat digunakan pada tagihan listrik anda.

7.Perawatan dan pemeliharaan

Panel surya membutuhkan perawatan dan pemeliharaan secara teratur untuk memastikan efisiensi dan kinerja yang optimal. Pastikan untuk membersihkan panel surya secara berkala dan periksa perangkat secara rutin.

Penutup

Skema panel surya on-grid sederhana adalah solusi yang efisien dan ramah lingkungan untuk menghasilkan listrik dari sinar matahari. Jika Anda ingin memasang skema panel surya on-grid, Hubungi Atonergi Jasa pemasangan solar panel terbaik dan terpercaya.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 85 + = 88