Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Panel Surya

Apa Itu Panel Surya? Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Energi Matahari
sumber: canva

Panel surya merupakan salah satu bentuk teknologi terbarukan yang saat ini semakin populer di Indonesia. Namun, apa sebenarnya solar panel itu? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa saja manfaat dari penggunaan solar panel? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa itu Panel Surya?

Solar panel adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Solar panel terdiri dari beberapa sel surya yang terbuat dari bahan silikon dan bisa menangkap sinar matahari.

Setiap sel surya terhubung satu sama lain dan menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah, kantor, atau bahkan di industri. 

Selain itu, solar panel juga bisa dihubungkan dengan sistem baterai untuk menyimpan energi surya yang tersimpan untuk digunakan di malam hari atau saat cuaca tidak mendukung.

Bagaimana Cara Kerja Panel Surya?

Cara kerja solar panel sangat sederhana. Ketika sinar matahari mengenai sel surya, maka sel surya akan menangkap energi dari sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

Energi listrik yang dihasilkan oleh solar panel kemudian dikirimkan ke inverter yang akan mengubah energi listrik dari solar panel menjadi arus listrik AC yang dapat digunakan di rumah atau kantor.

Jika terdapat energi yang tidak digunakan, maka energi tersebut akan dikirimkan ke jaringan listrik PLN dan Anda bisa mendapatkan kredit listrik dari PLN yang bisa digunakan di waktu yang akan datang.

Manfaat Penggunaan Panel Surya

Penggunaan solar panelmemiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Hemat Biaya Listrik

Dengan menggunakansolar panel, Anda bisa menghasilkan listrik sendiri sehingga tidak perlu membayar tagihan listrik yang tinggi setiap bulannya. Selain itu, biaya instalasi solar panel juga semakin terjangkau sehingga lebih mudah untuk dipasang di rumah atau kantor.

2. Ramah Lingkungan

Solar panel menggunakan sumber energi matahari yang terbarukan sehingga tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca seperti pembangkit listrik konvensional. Dengan menggunakan solar panel, Anda turut mendukung program pengurangan emisi gas rumah kaca dan menjaga lingkungan hidup.

3. Mengurangi Ketergantungan Pada Energi Fosil

Dengan menggunakan solar panel, kita bisa mengurangi ketergantungan pada energi fosil yang semakin menipis dan mahal. Energi matahari yang melimpah di Indonesia bisa menjadi alternatif yang lebih murah dan terbarukan.

Penutup

Temukan manfaat menggunakan panel surya untuk menghemat tagihan listrik dan mendukung lingkungan hidup dengan bergabung bersama Atonergi! Dapatkan solusi solar panel yang terjangkau dan berkualitas dari kami. Hubungi kami sekarang juga!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 7 × = 35