Apa itu Pompa Air Tenaga Surya dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pompa air tenaga surya adalah sistem water pump yang menggunakan energi matahari sebagai sumber daya utama untuk menggerakkan pump. Di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu PATS, bagaimana cara kerjanya, dan manfaatnya.

Bagaimana Pompa Air Tenaga Surya Bekerja?

Berikut ini penjelasan mengenai bagaimana PATS bekerja:

1. Pompa Air Tenaga Surya

PATS biasanya terdiri dari dua jenis: pompa sumur dangkal dan pompa sumur dalam. Pompa sumur dangkal digunakan untuk mengambil air dari sumur dangkal atau sumber air permukaan lainnya. Pompa sumur dalam digunakan untuk mengambil air dari sumur yang lebih dalam. 

pompa air tenaga surya
sumber: canva

PATS biasanya dilengkapi dengan sistem pengaturan kecepatan variabel yang memungkinkan pompa untuk bekerja secara efisien sesuai dengan kebutuhan air.

2. Kontroler Daya Pompa Air Tenaga Surya

Controller daya adalah komponen penting dalam sistem PATS. Kontroler daya mengatur aliran listrik dari panel surya ke pompa air. Kontroler daya juga memastikan pompa air berjalan dengan efisien dan dapat menyesuaikan aliran air dengan kebutuhan pengguna.

Manfaat Pompa Air Tenaga Surya

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari PATS:

1. Ramah Lingkungan

PATS adalah solusi yang ramah lingkungan karena menggunakan energi matahari yang terbarukan. Sumber daya ini dapat diakses di hampir semua daerah di dunia dan tidak memerlukan penggunaan bahan bakar fosil.

2. Ekonomis

Biaya operasional PATS cenderung lebih rendah daripada pompa air konvensional. Seiring dengan harga listrik yang semakin mahal, PATS dapat menjadi alternatif yang lebih hemat biaya dalam jangka panjang.

3. Ketersediaan Air yang Lebih Konsisten

PATS biasanya memiliki sistem penyimpanan baterai yang dapat menyimpan energi matahari untuk digunakan ketika matahari tidak bersinar. Hal ini memastikan bahwa pasokan air tetap tersedia bahkan pada saat kondisi cuaca buruk.

4. Tidak Memerlukan Bakat Teknis Khusus

PATS relatif mudah dipasang dan dioperasikan, dan tidak memerlukan bakat teknis khusus. Ini berarti Anda dapat memasang dan mengoperasikan sistem PATS sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memanggil teknisi.

5. Hemat Energi

PATS menghemat energi karena tidak memerlukan listrik yang berasal dari sumber daya fosil. Ini berarti bahwa sistem PATS tidak akan meningkatkan emisi gas rumah kaca yang merugikan lingkungan.

Penutup

PATS adalah teknologi yang ramah lingkungan dan efisien untuk mendapatkan air bersih dan sehat. Dapatkan segera PATS dari Atonergi dan nikmati manfaatnya sekarang!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 45 − = 43