Riset Energi Bersih untuk SDGs

Riset Energi Bersih untuk SDGs

Riset Energi Bersih untuk SDGs
sumber: pixabay

Kebutuhan energi yang tinggi tinggi di Indonedia membawa dampak negatif pada lingkungan. Dalam menghadapi tantangan ini, riset energi bersih menjadi semakin penting dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. 

Dengan mencari alternatif energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, kita dapat mencapai tujuan SDGs seperti pengurangan kemiskinan, kesehatan dan kesejahteraan, dan perlindungan lingkungan.

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana riset energi bersih dapat membantu Indonesia mencapai SDGs.

Bagaimana Riset Energi Bersih Dapat Membantu Mencapai Tujuan SDGs?

1. Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Eenergi bersih, seperti energi angin dan energi matahari, dapat membantu mengurangi emisi ini dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

2. Menyediakan Akses Energi yang Lebih Murah dan Terjangkau

Riset ini dapat membantu menyediakan akses energi yang lebih murah dan terjangkau untuk semua orang, sehingga mempromosikan inklusi sosial dan ekonomi.

3. Meningkatkan Kualitas Hidup dan Kesehatan

Riset ini dapat membantu mengurangi polusi udara dan emisi bahan kimia berbahaya lainnya, sehingga meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Bagaimana Teknologi Berkontribusi dalam Riset Energi Bersih untuk SDGs?

Teknologi berperan penting dalam pengembangan energi bersih dan berkelanjutan. Inovasi teknologi dapat membantu meningkatkan efisiensi energi, mengurangi biaya produksi, dan mengurangi dampak lingkungan dari produksi energi. 

Beberapa teknologi yang berkontribusi dalam riset energi bersih untuk SDGs di Indonesia adalah:

  • Energi Angin
  • Energi Matahari
  • Energi Air
  • Teknologi Energi Terbarukan Lainnya; seperti biomassa, geotermal, dan energi laut

Inovasi dalam Riset Energi Bersih untuk SDGs

Pengembangan energi bersih membutuhkan inovasi teknologi yang terus menerus. Beberapa inovasi dalam energi bersih untuk SDGs di Indonesia adalah:

1. Teknologi Baterai Terbarukan

Baterai terbarukan dapat digunakan untuk menyimpan energi yang dihasilkan oleh sumber energi terbarukan, seperti energi matahari dan angin, sehingga dapat digunakan pada saat dibutuhkan.

2. Jaringan Mikrogrid

Jaringan ini dapat menyediakan akses energi yang terjangkau dan berkelanjutan bagi masyarakat di daerah terpencil dan sulit dijangkau oleh jaringan listrik utama.

3. Pemanfaatan Limbah untuk Energi

Limbah seperti sampah dan limbah pertanian dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan, seperti biogas dan biomassa.

Penutup

Dalam upaya pengembangan energi bersih untuk SDGs di Indonesia, kolaborasi antara pemerintah, investor, dan masyarakat sangat penting. Dukungan finansial dapat mempercepat pengembangan energi bersih.

Ayo beralih pada penggunaan energi dan berpartisipasi memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat, serta mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan global.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 2 × = 4