Rincian Biaya Pasang PATS yang Harus Diketahui

Sumber; canva

Penggunaan pompa air listrik bergantung pada listrik PLN terkadang menjadi kendala, terutama di daerah yang sering mengalami pemadaman listrik. Oleh karena itu, memasang PATS bisa menjadi alternatif. Namun, perlu dipertimbangkan rincian biaya pasang pompa air tenaga surya sebelum memasang.

Rincian Biaya Pasang Pompa Air Tenaga Surya yang Harus Diketahui

Berikut ini adalah rincian biaya yang harus dikeluarkan saat pasang PATS.

1. Harga Pompa Air Tenaga Surya

Salah satu rincian biaya yang harus diketahui adalah harga PATS. Harga PATS cukup bervariasi tergantung dari merek, tipe, daya, dan kualitasnya. 

2. Biaya Instalasi

Selain harga PATS, biaya instalasi juga menjadi rincian biaya yang harus diketahui. Biaya instalasi tergantung dari kesulitan pemasangan dan jarak antara pompa air dengan panel surya.

3. Biaya Panel Surya

Panel surya menjadi komponen penting dalam memasang PATS. Biaya panel surya cukup bervariasi tergantung dari merek, tipe, dan kapasitasnya. 

4. Biaya Baterai

Baterai menjadi komponen penting lainnya dalam memasang PATS. Biaya baterai juga cukup bervariasi tergantung dari merek, tipe, kapasitas, dan kualitasnya. 

5. Biaya Inverter

Inverter digunakan untuk mengubah arus DC dari panel surya menjadi arus AC yang dapat digunakan oleh pompa air. Biaya inverter tergantung dari merek, tipe, dan kualitasnya.

6. Biaya Kabel dan Aksesori

Selain komponen utama seperti pompa air, panel surya, baterai, dan inverter, biaya kabel dan aksesori juga perlu diperhitungkan. Biaya kabel dan aksesori tergantung dari jarak antara pompa air dengan panel surya dan kebutuhan aksesori lainnya seperti saklar otomatis, sensor level air, dan sebagainya.

Keuntungan Memasang Pompa Air Tenaga Surya

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari memasang PATS, antara lain:

1. Hemat Energi dan Uang

Dengan memasang PATS, tagihan listrik bulanan dapat ditekan karena penggunaan listrik PLN untuk mengoperasikan pompa air dapat dikurangi atau bahkan dieliminasi. Selain itu, penggunaan PATS juga ramah lingkungan dan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

2. Tanpa Ketergantungan pada PLN

Memasang PATS juga membuat rumah tangga tidak lagi tergantung pada listrik PLN yang sering mengalami pemadaman. Dengan memasang PATS, penggunaan air bersih dapat dijamin meski listrik PLN sedang mati.

3. Mudah Dipindahkan

PATS juga mudah dipindahkan karena tidak perlu kabel listrik yang panjang seperti pompa air konvensional. Hal ini dapat mempermudah pemilik rumah untuk mengatur posisi pompa air yang lebih strategis.

4. Tidak Perlu Memiliki Sumur Bor

Dengan memasang PATS, pengguna tidak perlu memiliki sumur bor karena PATS dapat digunakan untuk menarik air dari sumber air manapun seperti sungai, danau, atau waduk.

Penutup

Memasang PATS adalah investasi yang cerdas bagi rumah tangga yang ingin menghemat biaya listrik dan ramah lingkungan. Dengan mengetahui rincian biaya pasang pompa air tenaga surya, pengguna dapat mempersiapkan budget yang dibutuhkan. Mari pasang PATS dengan bantuan Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 1 + 4 =