Pompa Air Tenaga Surya untuk Sistem Irigasi: Solusi untuk Pertanian

sumber: canva

Jika Anda seorang petani, Anda pasti tahu betapa pentingnya irigasi untuk pertanian. Tanpa pasokan air yang cukup, tanaman akan mati dan hasil panen menurun. Namun, pompa air dengan bahan bakar fosil dapat merusak lingkungan. Oleh karena itu, sekarang hadir pompa air tenaga surya untuk sistem irigasi”.

Keuntungan Menggunakan Pompa Air Tenaga Surya untuk Sistem Irigasi

Berikut ini adalah keuntungan penggunaan PATS untuk irigasi pertanian.

1. Ramah Lingkungan

Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau bahan kimia berbahaya yang merusak lingkungan. Selain itu, karena energinya berasal dari matahari, penggunaan PATS tidak akan menghabiskan sumber daya alam yang terbatas.

2. Hemat Biaya

Menggunakan PATS dapat mengurangi biaya energi Anda, karena Anda tidak perlu membayar biaya bahan bakar atau listrik. Setelah Anda memasang panel surya dan pompa, Anda hanya perlu membayar biaya pemeliharaan dan perbaikan yang jauh lebih rendah daripada biaya bahan bakar atau listrik.

3. Mudah Dipasang

PATS mudah dipasang dan dipindahkan. Tidak seperti pompa air tradisional yang memerlukan perangkat mekanis yang rumit dan banyak pipa, PATS hanya memerlukan panel surya dan pompa. Anda dapat memasangnya di mana saja yang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

4. Bisa Menghemat Air

PATS dapat dikendalikan dengan mudah dan akurat, yang berarti Anda dapat mengatur aliran air yang tepat untuk tanaman Anda. Hal ini dapat menghemat air dan mencegah pemborosan air.

5. Tahan Lama

PATS biasanya tahan lama dan dapat bertahan selama beberapa tahun. Selain itu, karena tidak ada bagian yang bergerak atau menghasilkan panas, PATS memerlukan perawatan yang jauh lebih sedikit daripada pompa air tradisional.

Bagaimana Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya untuk Sistem Irigasi?

PATS bekerja dengan mengubah energi matahari menjadi listrik yang diperlukan untuk menggerakkan pompa air. Panel surya yang terpasang di atas

Pompa akan mengambil air dari sumber dan memompanya ke lokasi yang diinginkan. PATS biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat menyimpan energi.

Pompa Air Tenaga Surya untuk Sistem Irigasi dalam Praktiknya

PATS dapat digunakan di berbagai macam kondisi iklim dan tanah. Tanpa biaya operasi yang signifikan, PATS dapat digunakan untuk mengairi ladang pertanian atau kebun, memasok air minum ke desa atau pemukiman, dan memberikan air untuk ternak atau hewan peliharaan.

Namun, sebelum Anda membeli PATS, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, perlu dipertimbangkan ukuran pompa air yang dibutuhkan, lokasi panel surya, jenis sumber air, dan jangkauan pemakaian.

Penutup

Pompa air tenaga surya untuk sistem irigasi adalah solusi yang hemat biaya, mudah dipasang, hemat energi, konsisten, dan hemat air. PATS dapat digunakan di berbagai macam kondisi iklim dan tanah. Mari gunakan PATS untuk pertanian atau perkebunan Anda dengan tawaran produk dari Atonergi!

By : Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 9 × 1 =