Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap

PLTS di Rumah Anda: Bagaimana Menghitung Penghematan dengan Kalkulator PLTS

PLTS di Rumah Anda: Bagaimana Menghitung Penghematan dengan Kalkulator PLTS
Sumber : Dok. Pribadi

PLTS di rumah telah menjadi solusi yang semakin populer untuk menghemat energi dan biaya listrik. Bukan hanya itu, tetapi juga membantu menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi karbon. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagaimana PLTS dapat mengubah cara Anda menggunakan energi dan bagaimana menghitung potensi penghematan dengan menggunakan kalkulator PLTS yang sederhana. Mari kita mulai dengan memahami apa itu PLTS.

Apa Itu PLTS?

PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah sistem yang mengonversi energi matahari menjadi energi listrik yang dapat digunakan. Ini terdiri dari panel surya yang terpasang di atap rumah atau lokasi terbuka yang menerima sinar matahari sepanjang hari. Panel surya ini memiliki sel surya fotovoltaik yang mengubah sinar matahari menjadi energi listrik.

Bagaimana Cara Kerja PLTS?

1. Penyerapan Sinar Matahari

Proses dimulai saat panel surya menyerap sinar matahari. Sel surya dalam panel ini akan menangkap energi dari sinar matahari, yang terdiri dari partikel-partikel foton.

2. Konversi Energi

Kemudian, sel surya fotovoltaik akan mengubah energi matahari menjadi energi listrik dalam bentuk arus searah (DC). Ini adalah tahap di mana energi matahari yang diambil oleh panel surya diubah menjadi listrik yang dapat digunakan.

3. Inverter

Arus listrik DC yang dihasilkan oleh panel surya akan mengalir melalui inverter. Tugas utama inverter adalah mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC), yang merupakan jenis arus listrik yang digunakan di sebagian besar rumah dan bisnis.

Baca Juga : Temukan Inverter Terbaik untuk Anda

4. Penggunaan Energi

Energi listrik yang dihasilkan oleh PLTS dapat digunakan langsung untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga Anda. Jika PLTS menghasilkan lebih banyak energi daripada yang Anda gunakan, energi berlebih tersebut dapat disimpan atau dijual kembali ke jaringan listrik.

Menghitung Penghematan dengan Kalkulator PLTS

Menghitung potensi penghematan dengan PLTS dapat dilakukan dengan menggunakan kalkulator PLTS yang tersedia secara online. Kalkulator ini mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi geografis, ukuran panel surya, dan pola konsumsi energi Anda. Dengan memasukkan data-data ini, Anda dapat memperkirakan berapa banyak uang yang dapat Anda hemat dengan menginstal PLTS di rumah Anda.

Kalkulator PLTS juga akan memberikan perkiraan waktu pengembalian investasi (ROI) dan jumlah emisi karbon yang dapat Anda kurangi dengan menggunakan energi matahari. Ini adalah alat yang berguna untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih informasi tentang investasi dalam PLTS.

Penutup

PLTS di rumah Anda bukan hanya sumber energi yang ramah lingkungan, tetapi juga dapat menghasilkan penghematan yang signifikan dalam biaya listrik Anda. Dengan menghitung potensi penghematan menggunakan kalkulator PLTS, Anda dapat membuat keputusan yang cerdas tentang bagaimana mengintegrasikan energi matahari ke dalam rumah Anda. Jika Anda ingin ikut merasakan manfaat energi surya. Tidak perlu cemas, karena Atonergi sebagai perusahaan distribusi dan jasa pemasangan energi surya siap dalam memenuhi keinginan anda untuk mendapatkan manfaat dari energi surya yang terbaik. Segera kunjungi website kami di www.atonergi.com atau kontak sales dan media sosial kami di bawah ini untuk konsultasi lebih lanjut.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Tyas: 0821-4302-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok: Atonergi
Tokopedia: Atonergi
Shopee: Atonergi

Penulis: Hedgehog

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 1