PLTS Atap Sekolah: Meningkatkan Kualitas Energi di Sekitar

Sumber: canva

PLTS Atap di Sekolah adalah salah satu teknologi energi terbarukan yang saat ini semakin populer di Indonesia. Dengan memanfaatkan energi matahari, PLTS Atap di sekolah membantu mengurangi mengurangi emisi gas rumah kaca yang merusak lingkungan, serta meningkatkan kualitas energi sekolah.

Apa itu PLTS Atap di Sekolah?

PLTS Atap di sekolah adalah sistem yang menggunakan panel surya untuk menghasilkan listrik. Sistem ini dipasang di atas atap sekolah dan kemudian panel surya mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk menyuplai daya listrik di sekolah tersebut.

Bagaimana PLTS Atap di Sekolah Bekerja?

Panel surya pada PLTS Atap di sekolah bekerja dengan mengumpulkan energi dari sinar matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Energi listrik kemudian mengalir ke inverter, yang mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik. Ini memungkinkan energi listrik untuk dipakai oleh perangkat listrik yang ada di sekolah.

Baterai pada sistem PLTS Atap digunakan untuk menyimpan energi yang tidak langsung digunakan oleh perangkat listrik. Ini memungkinkan sekolah untuk menghasilkan listrik pada malam hari atau di hari yang kurang cerah.

Manfaat PLTS Atap di Sekolah

PLTS Atap di sekolah memiliki banyak manfaat, termasuk:

  1. Menghemat biaya listrik
  2. Mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil
  3. Mengurangi emisi gas rumah kaca
  4. Meningkatkan ketahanan energi
  5. Meningkatkan kualitas energi di sekitar sekolah
  6. Memberikan pendidikan tentang energi terbarukan dan teknologi hijau pada siswa
  7. Menjadi solusi alternatif untuk mengatasi krisis energi dan pemanasan global

Bagaimana PLTS Atap Meningkatkan Kualitas Energi Sekolah?

PLTS Atap di sekolah dapat membantu meningkatkan kualitas energi di sekitar kita melalui beberapa cara, di antaranya:

1. Menghasilkan Energi Bersih dan Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PLTS Atap memanfaatkan sumber energi terbarukan yaitu matahari, untuk menghasilkan listrik yang bersih dan ramah lingkungan sehingga lingkungan sekitar menjadi lebih bersih dan sehat.

2. Kualitas Energi Sekolah: Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti PLTS Atap, emisi gas rumah kaca dapat dikurangi sehingga lingkungan sekitar menjadi lebih sehat dan lestari.

3. Menghemat Biaya Energi

Dengan menggunakan PLTS Atap, biaya energi yang harus dikeluarkan menjadi lebih hemat karena sumber energi yang digunakan adalah matahari yang gratis. Sehingga, dengan menghemat biaya energi, dana yang tersisa dapat digunakan untuk kepentingan lain yang lebih produktif.

Penutup

PLTS atap di sekolah adalah solusi inovatif dan efektif untuk meningkatkan kualitas energi sekolah. PLTS atap di sekolah juga dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar tentang manfaat energi terbarukan. Mari pasang PLTS atap di sekolah menggunakan jasa Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 31 − 29 =