Perkiraan Biaya Pasang PLTS Atap Gedung Fotovoltaik

Perkiraan Biaya Pasang PLTS Atap Gedung Fotovoltaik

Perkiraan Biaya Pasang PLTS Atap Gedung Fotovoltaik

sumber: pixabay

Sebelum memutuskan untuk memasang PLTS atap gedung fotovoltaik, Anda perlu mengetahui perkiraan biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik. Artikel ini akan memberikan panduan tentang perkiraan biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik dan tips untuk menghemat uang saat memasang PLTS.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biaya Pasang PLTS Atap Gedung Fotovoltaik

Biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik bisa bervariasi, tergantung pada beberapa faktor. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik:

1.Luas Atap Gedung

Semakin luas atap gedung, semakin banyak panel surya yang dibutuhkan. Oleh karena itu, biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik akan semakin mahal.

2.Lokasi

Lokasi juga dapat memengaruhi biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik. Misalnya, jika lokasi Anda berada di daerah yang sulit dijangkau, biaya pengiriman dan pemasangan panel surya mungkin lebih tinggi.

3.Kualitas Panel Surya

Kualitas panel surya juga memengaruhi biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik. Panel surya dengan kualitas yang lebih baik mungkin lebih mahal, namun bisa lebih efisien dalam menghasilkan listrik.

4.Daya Produksi

Semakin tinggi daya produksi panel surya, semakin tinggi pula biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik.

5.Jenis Atap Gedung

Jenis atap gedung juga memengaruhi biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik. Jika atap gedung Anda terbuat dari bahan yang sulit dipasang panel surya, biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik mungkin lebih mahal.

Tips Menghemat Biaya Pasang PLTS Atap Gedung Fotovoltaik

Memasang PLTS atap gedung fotovoltaik memang memerlukan investasi yang cukup besar, namun ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menghemat biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

1.Cari Penawaran Terbaik

Sebelum memutuskan untuk memasang PLTS atap gedung fotovoltaik, cari tahu lebih dulu beberapa penyedia jasa pasang PLTS dan bandingkan penawaran yang mereka berikan. Pilih penyedia jasa yang memberikan penawaran terbaik dan harga yang lebih terjangkau.

2.Pilih Kualitas yang Tepat

Pilih panel surya dengan kualitas yang tepat, jangan terlalu murah atau terlalu mahal. Panel surya yang murah biasanya memiliki daya produksi yang rendah dan kualitas yang kurang baik, sedangkan panel surya yang terlalu mahal mungkin tidak sepadan dengan daya produksinya.

3.Pilih Lokasi yang Tepat

Pilih lokasi yang tepat untuk memasang PLTS atap gedung fotovoltaik. Pastikan lokasi tersebut memiliki paparan sinar matahari yang cukup agar PLTS dapat bekerja secara optimal. Jika lokasi Anda memiliki banyak pohon atau bangunan yang menghalangi paparan sinar matahari, biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik bisa lebih mahal karena Anda memerlukan panel surya yang lebih banyak.

4.Manfaatkan Sistem Grid-Tied

Manfaatkan sistem grid-tied saat memasang PLTS atap gedung fotovoltaik. Dengan sistem ini, PLTS dapat terhubung dengan jaringan listrik PLN dan surplus listrik yang dihasilkan dapat dijual kembali ke PLN. Dengan demikian, biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik dapat lebih terjangkau.

Penutup

Perkiraan biaya pasang PLTS atap gedung fotovoltaik sangat bervariasi tergantung pada ukuran gedung, lokasi, kualitas panel surya, daya produksi, dan jenis atap gedung. Jika anda ingin berkonsultasi dengan Atonergi mengenai biaya pasang PLTS Atap gedung, Hubungi Atonergi Sekarang untuk mendapatkan penawaran terbaik dan spesial.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 + 2 =