Perbandingan Solar Panel 20 wp vs 50 wp, Mana Lebih Bagus?

Sumber: canva

Solar panel merupakan perangkat yang dapat mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Di Indonesia, solar panel semakin banyak digunakan. Namun, banyak orang yang masih bingung dalam memilih ukuran solar panel. Pada artikel ini, akan membahas perbandingan solar panel 20 wp vs 50 wp.

Perbedaan Antara Solar Panel 20 wp vs 50 wp

Solar panel tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Ukuran panel surya diukur dalam Watt Peak (wp), yaitu kapasitas panel surya dalam menghasilkan energi listrik pada kondisi ideal. Semakin besar angka Watt Peak, semakin banyak energi listrik yang dapat dihasilkan oleh solar panel tersebut. 

Panel Surya 20 wp

Panel surya ukuran 20 wp merupakan ukuran panel surya yang lebih kecil dibandingkan dengan solar panel 50 wp. Serta biasanya digunakan untuk keperluan yang membutuhkan daya listrik rendah, seperti lampu taman, penerangan jalan, atau sebagai power bank. Panel ini memiliki kelebihan yaitu:

  • Harga yang lebih terjangkau
  • Ukuran yang lebih kecil, sehingga mudah dipasang dan dipindahkan
  • Cocok untuk keperluan yang membutuhkan daya listrik rendah

Solar Panel 50 wp

Panel surya 50 wp memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan 20 wp. Panel ukruan ini biasanya digunakan untuk keperluan yang membutuhkan daya listrik yang lebih tinggi, seperti rumah atau toko yang memerlukan daya listrik yang cukup besar. Kelebihan yang dimiliki solar panel ini yaitu:

  • Kapasitas yang lebih besar dalam menghasilkan energi listrik
  • Cocok untuk keperluan yang membutuhkan daya listrik yang tinggi
  • Lebih efisien dalam menghasilkan energi listrik

Apa yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Solar Panel?

Dalam memilih solar panel, terdapat beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, antara lain:

  • Kebutuhan daya listrik yang dibutuhkan: Solar panel 20 wp cocok untuk kebutuhan daya listrik rendah, sedangkan solar panel 50 wp cocok untuk kebutuhan daya listrik yang lebih tinggi.
  • Anggaran: Solar panel 20 wp memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan solar panel 50 wp.
  • Luas area yang ters
  • Luas area yang tersedia: Solar panel 50 wp membutuhkan luas area yang lebih besar dibandingkan dengan solar panel 20 wp karena ukurannya yang lebih besar.
  • Keefektifan panel surya: Solar panel yang lebih efisien dapat menghasilkan lebih banyak energi listrik dengan penggunaan sinar matahari yang sama.

Penutup

Dalam memilih solar panel, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan daya listrik, anggaran, luas area yang tersedia, dan keefektifan panel surya. Telah dijelaskan perbedaan antara solar panel 20 wp vs 50 wp. Mana yang sesuai kebutuhan Anda? Atonergi dapat membantu anda memilih ukuran yang tepat.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 16 = 18