Perbandingan Panel Tenaga Surya: Mono Vs Poli

Perbandingan Panel Tenaga Surya: Mono Vs Poli

Perbandingan Panel Tenaga Surya: Mono Vs Poli
sumber: pixabay

Panel tenaga surya menjadi populer di Indonesia karena kebutuhan energi yang semakin meningkat. Saat ini, ada dua jenis panel tenaga surya yang tersedia di pasar yaitu perbandingan panel tenaga surya mono dan  poli.

Namun, banyak orang masih bingung dalam memilih jenis panel yang tepat untuk kebutuhan mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbandingan panel tenaga surya: mono vs poly.

Perbedaan Antara Panel Mono dan Poli

Panel mono terbuat dari sel silikon tunggal, biasanya memiliki warna hitam dan harganya lebih mahal dari panel poly. Sedangkan panel poly terbuat dari banyak sel silikon, biasanya berwarna biru.

Kelebihan Panel Mono

1.Efisiensi Tinggi: Panel mono memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan panel poly. Ini berarti panel mono menghasilkan lebih banyak energi listrik dengan ukuran yang sama.

2.Daya Keluaran yang Lebih Konsisten: Panel mono menghasilkan daya keluaran yang lebih konsisten terutama dalam kondisi cuaca buruk atau cahaya rendah.

Kelemahan Panel Mono

1.Lebih Mahal: Panel mono lebih mahal daripada panel poly.

2.Rentan Terhadap Pemutihan: Panel mono dapat memutih akibat radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari yang terus menerus. Ini mengurangi kinerja panel mono seiring berjalannya waktu.

Kelebihan Panel Poly

1.Harga Lebih Terjangkau: Panel poly lebih murah daripada panel mono. Harga yang lebih terjangkau membuatnya menjadi pilihan yang lebih populer di pasaran.

2.Tahan Pemutihan: Panel poly tidak rentan terhadap pemutihan, karena terbuat dari banyak sel yang memiliki kemampuan untuk menyerap radiasi UV yang lebih tinggi.

Kelemahan Panel Poly

1.Efisiensi Lebih Rendah: Panel poly memiliki efisiensi yang lebih rendah dibandingkan dengan panel mono. Ini berarti panel poly menghasilkan lebih sedikit energi listrik dengan ukuran yang sama.

2.Daya Keluaran yang Kurang Konsisten: Panel poly menghasilkan daya keluaran yang kurang konsisten, terutama dalam kondisi cuaca buruk atau cahaya rendah.

Panel Mono atau Panel Poly: Mana yang Lebih Baik?

Penutup

Kesimpulannya, Panel mono memiliki efisiensi yang lebih tinggi dan daya keluaran yang lebih konsisten, tetapi lebih mahal dan rentan terhadap pemutihan. Sementara panel poly lebih terjangkau dan tahan terhadap pemutihan, tetapi efisiensinya lebih rendah dan daya keluarannya kurang konsisten. Dalam memilih perbandingan panel tenaga surya yang tepat, Jika anda masih bingung, Hubungi Atonergi untuk konsultasi masalah jenis-jenis panel.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 4 = 9