Perbandingan Panel Surya On-Grid vs Off-Grid

Panel surya adalah teknologi yang semakin populer digunakan oleh banyak orang untuk menghasilkan listrik yang ramah lingkungan. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbandingan panel surya on-grid vs off-grid, serta mana yang lebih cocok untuk rumah Anda.

Perbandingan Panel Surya On-Grid vs Off-Grid

Mari kita lihat perbandingannya berdasarkan beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memasang panel surya di rumah Anda.

Sumber: Canva

1. Ketersediaan Listrik

Sistem on-grid memungkinkan Anda untuk menggunakan listrik dari jaringan listrik utama saat kekurangan listrik yang dihasilkan oleh panel surya. Artinya, Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan listrik, terutama pada malam hari atau saat cuaca buruk yang dapat mempengaruhi produksi listrik dari panel surya. 

Sementara itu, sistem off-grid memerlukan baterai untuk menyimpan listrik yang dihasilkan oleh panel surya. Artinya, jika baterai kehabisan daya atau tidak mampu menampung produksi listrik yang cukup, maka Anda harus mencari sumber listrik lain sebagai cadangan.

2. Biaya

Sistem on-grid umumnya lebih murah dibandingkan dengan sistem off-grid. Hal ini karena sistem on-grid hanya memerlukan panel surya dan inverter saja, sedangkan sistem off-grid memerlukan panel surya, baterai, dan pengatur daya (charge controller). 

Selain itu, biaya instalasi sistem on-grid juga lebih murah karena tidak memerlukan konfigurasi dan perencanaan yang rumit seperti sistem off-grid.

Namun, biaya listrik yang harus Anda bayar setiap bulan juga perlu dipertimbangkan. Dengan sistem on-grid, Anda masih harus membayar tagihan listrik bulanan, meskipun jumlahnya akan berkurang karena menggunakan panel surya. 

Sementara itu, dengan sistem off-grid, Anda tidak perlu membayar tagihan listrik bulanan karena menggunakan listrik yang dihasilkan oleh panel surya dan baterai.

3. Penghematan Energi

Sistem on-grid memungkinkan Anda untuk menghemat energi dengan memanfaatkan kelebihan produksi listrik dari panel surya yang disalurkan kembali ke jaringan listrik utama. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi pengeluaran untuk membayar tagihan listrik bulanan.

Namun, sistem off-grid dapat lebih menghemat energi karena Anda dapat mengatur dan memonitor konsumsi listrik rumah Anda. Selain itu, karena sistem off-grid tidak terhubung dengan jaringan listrik utama, maka tidak akan ada kehilangan energi selama proses distribusi listrik.

Penutup

Jika Anda ingin memasang panel surya di rumah, pertimbangkan perbedaan antara sistem on-grid dan off-grid terlebih dahulu. Untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik, hubungi Atonergi sekarang! Perbandingan panel surya on-grid vs off-grid

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 3