Perbandingan Panel Surya Monokristalin vs Polikristalin

Ada dua jenis panel surya yang tersedia di pasaran panel surya monokristalin dan polikristalin. Kedua jenis panel surya ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, sebelum memilih jenis panel surya, Anda perlu mengetahui perbedaan di antara panel surya monokristalin vs polikristalin.

Perbandingan Panel Surya Monokristalin vs Polikristalin

Berikut adalah perbandingan antara panel surya monokristalin dan polikristalin:

sumber: canva

1. Material

Panel surya monokristalin terbuat dari satu kristal silikon murni. Kristal ini dipotong menjadi irisan tipis dan diubah menjadi wafer. Sementara itu, panel surya polikristalin terbuat dari banyak kristal silikon. Kristal ini dipotong menjadi irisan tipis dan dicetak menjadi wafer.

2. Efisiensi

Panel surya monokristalin lebih efisien daripada panel surya polikristalin. Efisiensi panel surya monokristalin bisa mencapai 22 persen, sementara efisiensi panel surya polikristalin hanya bisa mencapai 16 persen.

3. Biaya

Panel surya polikristalin lebih murah daripada panel surya monokristalin. Namun, biaya panel surya tergantung pada merek dan kualitasnya. Harga panel surya monokristalin bisa dua kali lipat lebih mahal daripada panel surya polikristalin.

Mana yang Lebih Unggul: Panel Surya Monokristalin atau Polikristalin

Setelah mengetahui perbedaan antara panel surya monokristalin dan polikristalin, Anda mungkin bertanya-tanya, mana yang lebih unggul? Jawabannya tergantung pada kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih panel surya yang tepat:

1. Lokasi

Lokasi Anda memainkan peran penting dalam memilih jenis panel surya yang tepat. Jika Anda tinggal di daerah yang panas, panel surya polikristalin mungkin lebih cocok untuk kebutuhan Anda. Namun, jika Anda tinggal di daerah yang dingin, panel surya monokristalin mungkin lebih cocok.

2. Umur Pakai

Panel surya monokristalin lebih tahan lama daripada panel surya polikristalin. Jika Anda mencari panel surya yang bisa bertahan lama, panel surya monokristalin bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

3. Performa dalam Suhu Rendah

Jika Anda tinggal di daerah yang dingin, panel surya monokristalin bisa lebih cocok untuk kebutuhan Anda. Panel surya monokristalin memiliki performa yang lebih baik dalam suhu rendah daripada panel surya polikristalin.

4. Daya Tahan Terhadap Panas

Jika Anda tinggal di daerah yang panas, panel surya polikristalin bisa lebih cocok untuk kebutuhan Anda. Panel surya polikristalin lebih tahan terhadap panas daripada panel surya monokristalin.

Penutup

Jika Anda ingin mengetahui jenis panel surya mana yang tepat untuk kebutuhan Anda, jangan ragu untuk menghubungi Atonergi! Kami siap membantu Anda memilih antara panel surya monokristalin vs polikristalin yang paling sesuai dengan kebutuhan energi Anda. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut.

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 2 + 2 =