Perbandingan Biaya Panel Surya vs PLN dan Manfaatnya

Perbandingan Biaya Panel Surya vs PLN dan Manfaatnya
sumber: pixabay

Apakah Anda sedang mencari alternatif sumber energi yang lebih ramah lingkungan dan ekonomis? Apakah Anda penasaran apakah biaya panel surya lebih murah daripada biaya PLN? Jika iya, artikel ini akan membahas perbandingan biaya panel surya vs PLN dan manfaatnya.

Perkembangan teknologi dan kebutuhan energi yang semakin meningkat membuat keberadaan panel surya semakin diperlukan. Panel surya merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan sinar matahari untuk menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. 

Biaya Panel Surya vs PLN

Berikut ini adalah perbandingannya:

Biaya Panel Surya

Panel surya memang memerlukan biaya instalasi yang cukup besar. Namun, setelah instalasi selesai, biaya operasionalnya jauh lebih murah daripada menggunakan listrik PLN. Berikut adalah perbandingan biaya panel surya vs PLN:

1.Biaya Instalasi Panel Surya

Biaya instalasi panel surya tergantung pada banyak faktor seperti kapasitas panel surya, lokasi, dan biaya pekerjaan instalasi. Rata-rata biaya instalasi panel surya untuk rumah tangga berkisar antara 20-50 juta rupiah. Namun, biaya ini dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan dan spesifikasi.

2.Biaya Operasional Panel Surya

Setelah instalasi selesai, biaya operasional panel surya sangat murah. Anda hanya perlu membersihkan panel surya secara berkala agar kinerjanya tetap optimal. Biaya listrik yang dihasilkan dari panel surya akan menjadi gratis setelah biaya instalasi terbayar. Dengan kata lain, panel surya merupakan investasi jangka panjang yang dapat menghemat biaya listrik dalam jangka waktu yang cukup lama.

Biaya PLN

Biaya listrik PLN relatif stabil setiap bulannya, namun harga per kwh-nya selalu meningkat setiap tahunnya. Berikut adalah perbandingan biaya PLN untuk rumah tangga:

1.Biaya Tarif Dasar Listrik (TDL)

Biaya TDL tergantung pada jumlah kwh yang digunakan. Semakin banyak kwh yang digunakan, semakin tinggi biaya TDL-nya. Saat ini, biaya TDL PLN untuk rumah tangga dengan penggunaan kurang dari 450 kwh adalah 1.467,28 rupiah per kwh.

2.Biaya Biaya Energi Terbarukan

PLN juga menyediakan opsi untuk menggunakan energi terbarukan seperti panel surya dan turbin angin. Namun, biaya untuk menggunakan opsi ini masih relatif tinggi dan tidak selalu tersedia di seluruh wilayah Indonesia.

Dari perbandingan di atas, terlihat bahwa biaya instalasi panel surya memang lebih mahal daripada biaya PLN. Namun, dalam jangka panjang, biaya operasional panel surya jauh lebih murah dan dapat menghemat biaya listrik dalam waktu yang cukup lama.

Manfaat Penggunaan Panel Surya

Berikut adalah manfaatnya:

1.Ramah Lingkungan

Panel surya merupakan sumber energi yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca seperti pembangkit listrik tenaga fosil. Dengan menggunakan panel surya, Anda dapat membantu mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan dan menjaga keberlangsungan bumi.

2.Hemat Biaya Listrik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, panel surya dapat menghemat biaya listrik dalam jangka waktu yang cukup lama. Setelah biaya instalasi terbayar, biaya operasionalnya sangat murah bahkan bisa menjadi gratis.

3.Mandiri Energi

Dengan menggunakan panel surya, Anda tidak lagi bergantung pada PLN sebagai satu-satunya sumber energi listrik. Anda dapat menjadi mandiri dalam memproduksi energi listrik untuk keperluan sehari-hari.

Penutup

Dari perbandingan biaya panel surya vs PLN dan manfaatnya, dapat disimpulkan bahwa meskipun biaya instalasi panel surya lebih mahal daripada biaya PLN, namun dalam jangka panjang biaya operasional panel surya jauh lebih murah dan dapat menghemat biaya listrik dalam waktu yang cukup lama. Jika anda ingin memasang solar panel, Hubungi jasa pasang terpercaya Atonergi dan dapatkan penawaran spesialnya.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 1 = 8