Perbandingan Antara PJU TS Tenaga Surya dan PJU TS Listrik

Perbandingan Antara PJU TS Tenaga Surya dan PJU TS Listrik

Perbandingan Antara PJU TS Tenaga Surya dan PJU TS Listrik
sumber: pixabay

Anda pasti sering melihat lampu jalan atau PJU (Penerangan Jalan Umum) yang menyala di malam hari, bukan? Tapi tahukah Anda bahwa sekarang ada dua jenis PJU yang berbeda: PJU TS Tenaga Surya dan PJU TS Listrik. 

Keduanya sama-sama berfungsi untuk menerangi jalan umum pada malam hari, tetapi mana yang lebih baik? Pada artikel ini, kita akan membahas perbandingan antara PJU TS Tenaga Surya dan PJU TS Listrik untuk membantu Anda memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Apa Itu PJU TS Tenaga Surya dan PJU TS Listrik?

Sebelum kita membahas perbandingan antara kedua jenis PJU ini, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu PJU TS Tenaga Surya dan PJU TS Listrik.

PJU TS Tenaga Surya adalah lampu jalan yang menggunakan panel surya sebagai sumber energinya. Panel surya akan menangkap energi dari matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik yang disimpan di dalam baterai. Baterai inilah yang akan digunakan untuk menyalakan lampu pada malam hari.

PJU TS Listrik adalah lampu jalan yang menggunakan energi listrik sebagai sumber energinya. Sumber energi ini bisa berasal dari PLN atau generator listrik.

Kelebihan dan Kekurangan PJU TS Tenaga Surya

Sebelum memutuskan untuk memilih PJU TS Tenaga Surya, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis PJU ini.

Kelebihan PJU TS Tenaga Surya

Ramah Lingkungan

PJU TS Tenaga Surya tidak membutuhkan bahan bakar fosil seperti minyak atau gas, sehingga tidak menghasilkan emisi berbahaya yang dapat merusak lingkungan.

Hemat Biaya

Dalam jangka panjang, PJU TS Tenaga Surya lebih hemat biaya dibandingkan dengan PJU TS Listrik. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya awal untuk pembelian dan instalasi, sedangkan biaya operasionalnya sangat minim.

Tidak Bergantung Pada PLN

PJU TS Tenaga Surya tidak bergantung pada sumber energi dari PLN atau generator listrik, sehingga tidak terpengaruh oleh pemadaman listrik.

Kekurangan PJU TS Tenaga Surya

Tergantung Cuaca

PJU TS Tenaga Surya membutuhkan sinar matahari untuk mengisi baterai. Jika cuaca buruk atau langit mendung, maka produksi energi dari panel surya akan menurun.

Kapasitas Baterai Terbatas

Kapasitas baterai PJU TS Tenaga Surya terbatas, sehingga lampu mungkin tidak menyala sepanjang malam jika baterai tidak terisi penuh.

Kelebihan dan Kekurangan PJU TS Listrik

Selain PJU TS Tenaga Surya, Anda juga bisa memilih PJU TS Listrik. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari jenis PJU ini.

Kelebihan PJU TS Listrik

Stabil

PJU TS Listrik memiliki sumber energi yang stabil dan konsisten, sehingga tidak akan terpengaruh oleh cuaca atau situasi lingkungan yang ekstrem.

Kapasitas Lebih Besar

PJU TS Listrik memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan dengan PJU TS Tenaga Surya, sehingga lampu dapat menyala sepanjang malam tanpa kehabisan energi.

Kekurangan PJU TS Listrik

Mahal

Dalam jangka panjang, PJU TS Listrik akan lebih mahal dibandingkan dengan PJU TS Tenaga Surya. Anda harus membayar biaya instalasi, biaya pemakaian energi listrik, serta biaya perawatan dan perbaikan.

Tidak Ramah Lingkungan

PJU TS Listrik menggunakan energi listrik yang berasal dari pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil, sehingga menghasilkan emisi yang merusak lingkungan.

Perbandingan Antara PJU TS Tenaga Surya dan PJU TS Listrik

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis PJU ini, mari kita bandingkan keduanya untuk membantu Anda memilih jenis PJU yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda.

Biaya

Dalam hal biaya, PJU TS Tenaga Surya jelas lebih hemat dibandingkan dengan PJU TS Listrik. Anda hanya perlu membayar biaya instalasi dan biaya perawatan, sedangkan biaya operasionalnya sangat minim karena menggunakan energi gratis dari matahari. Sedangkan PJU TS Listrik akan membutuhkan biaya instalasi, biaya pemakaian energi listrik, serta biaya perawatan dan perbaikan.

Ketersediaan Energi

PJU TS Listrik memiliki sumber energi yang lebih stabil dan konsisten, sehingga lebih dapat diandalkan dalam situasi cuaca yang buruk atau lingkungan yang ekstrem. Sedangkan PJU TS Tenaga Surya membutuhkan sinar matahari untuk mengisi baterai, sehingga tergantung pada kondisi cuaca.

Lingkungan

PJU TS Tenaga Surya jelas lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan PJU TS Listrik karena tidak menghasilkan emisi berbahaya yang merusak lingkungan. Sedangkan PJU TS Listrik menggunakan energi listrik yang berasal dari pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil.

Dari perbandingan di atas, Anda bisa memilih jenis PJU yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan biaya yang hemat dan ramah lingkungan, PJU TS Tenaga Surya bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda menginginkan sumber energi yang stabil dan dapat diandalkan dalam situasi cuaca yang buruk, PJU TS Listrik bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Penutup

PJU TS Tenaga Surya dan PJU TS Listrik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, keputusan untuk memilih jenis PJU yang tepat harus didasarkan pada kebutuhan Anda dan kondisi lingkungan di lokasi pemasangan. Jika Anda menginginkan biaya yang hemat dan ramah lingkungan, PJU TS Tenaga Surya bisa menjadi pilihan yang tepat. Ayo pasang PJU TS lewat Atonergi dan dapatkan penawaran menarik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 70 − 61 =