Gambar Cara Kerja PLTS On Grid

Pelajari Cara Kerja Panel Surya dan Bagaimana Menggunakannya

Sudahkah Anda tahu tentang panel surya dan bagaimana cara kerja panel surya? Panel surya adalah alat yang dapat menghasilkan listrik dengan menggunakan energi matahari. Panel surya ini menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah lingkungan dan biaya energi yang semakin mahal. 

Apa itu Energi Surya?

Energi surya adalah radiasi surya yang dipancarkan dari Matahari, dan Bumi menerima cukup energi terbarukan itu setiap hari untuk menyediakan listrik bukan hanya untuk setiap rumah di Amerika Serikat, tetapi untuk setiap rumah di planet ini. Itu adalah sumber energi terbarukan yang sangat kuat!

Manusia telah merancang beberapa cara untuk menangkap energi surya, yang paling umum adalah dengan menggunakan panel surya fotovoltaik (PV) yang mengubah sinar matahari menjadi listrik yang dapat digunakan.

Bagaimana Proses Konversi Energi Matahari Menjadi Listrik?

Panel surya bekerja dengan cara mengubah energi matahari menjadi listrik. Proses ini dimulai ketika sinar matahari masuk ke dalam panel surya. Kemudian, sinar matahari ini diteruskan ke sel surya atau solar cell. Di dalam sel surya, energi matahari diubah menjadi energi listrik melalui proses yang disebut efek fotovoltaik. 

Efek ini terjadi ketika partikel cahaya (foton) mengenai lapisan semi-konduktor pada sel surya, sehingga elektron di dalamnya terlepas dan bergerak ke arah konduktor negatif. Selanjutnya, elektron ini diarahkan ke dalam sirkuit listrik dan menghasilkan arus listrik. 

Baca Juga : Proses Pemasangan PLTS Atap

Cara Kerja Panel Surya

Panel surya adalah perangkat yang dirancang untuk mengubah energi matahari menjadi listrik yang dapat digunakan untuk menggerakkan peralatan listrik. Panel surya terdiri dari sel-sel surya atau fotovoltaik yang terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon. Berikut adalah beberapa cara kerja panel surya:

Pelajari Cara Kerja Panel Surya

1. Penyerapan Cahaya Matahari

Panel surya menyerap cahaya matahari melalui sel surya yang terbuat dari bahan semikonduktor.

2. Pengubahan Energi

Ketika cahaya matahari menyerang sel surya, elektron-elektron dalam bahan semikonduktor menjadi terlibat dalam proses yang menghasilkan arus listrik. Proses ini dikenal sebagai efek fotovoltaik.

3. Pengumpulan Arus Listrik

Arus listrik yang dihasilkan oleh sel surya dikumpulkan oleh kabel yang terhubung dengan panel surya dan dialirkan ke inverter.

4. Inverter

Inverter adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC) yang dapat digunakan untuk menggerakkan peralatan listrik di rumah atau kantor.

Penyimpanan Energi: Energi yang dihasilkan oleh panel surya juga dapat disimpan di baterai, sehingga dapat digunakan di masa depan ketika cahaya matahari tidak tersedia.

Untuk menggunakan panel surya, Anda harus menginstalnya di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Panel surya biasanya dipasang di atap rumah atau di tempat yang mudah dijangkau oleh sinar matahari. Panel surya harus terhubung ke inverter dan ke sistem penyimpanan energi jika diperlukan. 

Baca Juga : Jasa Pemasangan Panel Surya di Indonesia

Penutup

Cara kerja panel surya adalah dengan menangkap foton kemudian elektron bergerak ke arah negatif sehingga dapat menghasilkan listrik.

Sobat Aton, apabila anda butuh memasang PLTS Atap yang Terpercaya bisa hubungi tim Atonergi disini ya, Gratis konsultasi kok! Dapatkan juga Diskon hingga 50% dan Gratis Pemasangan.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 27 − = 26