PATS untuk pertanian

PATS Untuk Pertanian: Menguntungkan atau Merugikan?

Penggunaan PATS untuk pertanian menjadi semakin populer. PATS merupakan singkatan dari Pompa Air Tenaga Surya yang dapat menyuplai air bersih ke beberapa lokasi. Sistem PATS ini pada umumnya membutuhkan bantuan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) sebagai penyuplai energi listrik yang mereka produksi dari energi matahari.

PATS ini merupakan sumber energi terbarukan yang dapat membantu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang dapat menghasilkan gas rumah kaca. Saat ini, beberapa industri pertanian dan perkebunan di Indonesia sudah mulai menggunakan PATS untuk menyuplai air bersih ke ladang mereka.

Selain memiliki manfaat untuk lingkungan, PATS juga memberikan banyak manfaat lain dari sisi ekonomi dan efisiensi produksi bagi industri pertanian.

Pusat Penelitian dan Pendidikan Tanaman Universitas Massachusetts telah meneliti kompatibilitas pertanian dengan pembangkit energi surya, atau istilah lainnya adalah agrivoltaik. Pada 2019, perusahaan konstruksi Dave Marley bermitra dengan peneliti dari universitas untuk memasang 70 panel surya yang ditinggikan 7 kaki di atas lahan pertanian untuk memberikan ruang yang cukup antara panel surya dengan tanah, sehingga sinar matahari tetap bisa diterima oleh tanaman.

Hasil dari riset tersebut menunjukkan bahwa tanaman yang berada di bawah panel seperti sayur paprika, brokoli, dan lobak tetap bisa berproduksi dan menghasilkan sekitar 60% dari volume yang mereka hasilkan di bawah sinar matahari penuh.

Tentunya, hal ini sangat menguntungkan bagi petani, selain mereka dapat memanen sayur-sayuran, mereka juga dapat memproduksi energi listrik. Berikut adalah keuntungan menggunakan PATS untuk pertanian:

Keuntungan PATS Untuk Pertanian

1.    Tidak Perlu Daya Eksternal

Salah satu manfaat terbesar dari Pompa Air Tenaga Surya adalah fleksibilitasnya yang dapat digunakan di mana saja, meskipun daerah tersebut sangat terpencil. Dengan adanya PATS ini, Anda tidak perlu berjalan bermil-mil untuk mendapatkan air bersih dari sumur.

Anda hanya membutuhkan sinar matahari dan panel surya untuk mendapatkan energi listrik untuk memompa air dari sumur. Tentunya, teknologi ini juga dapat membantu daerah terpencil yang jauh dari sumber mata air.

2.    Biaya Operasi yang Minim

Mengoperasikan PATS hanya membutuhkan energi matahari, sehingga tagihan listrik Anda akan berkurang secara drastis. Selain itu, sistem PATS juga tidak membutuhkan biaya operasi yang besar seperti kincir angin yang membutuhkan perawatan yang banyak. Sehingga, Anda dapat menghemat uang dan memompa air dengan biaya yang terjangkau.

3.    Lebih Murah Daripada Bahan Bakar Fosil

Dengan beralih ke energi terbarukan, Anda dapat menghindari lonjakan biaya listrik yang terjadi akibat penggunaan listrik dalam jumlah besar. PATS hanya memerlukan matahari dan panel surya untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Selain menghemat biaya listrik, Anda juga turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan sekitar lahan kalian tetap asri.

4.    Perawatan Mudah

Untuk masalah perawatan, PATS jauh lebih mudah dan murah dibanding energi terbarukan yang lain seperti kincir angin. Bahkan, PATS dapat bekerja selama bertahun-tahun tanpa memerlukan perawatan apapun karena tidak memiliki banyak komponen mekanis, sehingga kemungkinan untuk rusak, mengganti suku cadang, perbaikan baru sangat kecil.

Tertarik Menggunakan PATS Untuk Pertanian Anda?

Sistem PATS sangat membantu sistem produksi untuk pertanian. Selain dapat menghemat biaya operasional, usaha pertanian Anda juga turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian bumi dan lingkungan sesuai dengan Sustainability Development Goals No.7, Energi yang terjangkau dan bersih.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk pakai Pompa Air Tenaga Surya sekarang! Atonergi memiliki berbagai varian sistem pompa air tenaga surya yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan lahan pertanian, perkebunan, dan kepentingan air bersih untuk desa.

Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran yang menarik, sekarang!