Panduan Perbandingan PLTS Atap di Tulungagung

sumber: dokumen Atonergi

Di era yang semakin berkembang ini, pemanfaatan energi terbarukan menjadi semakin penting, dan PLTS menjadi salah satu solusi terbaik untuk menghasilkan listrik bersih dari sinar matahari. Artikel ini akan membahas perbandingan PLTS atap di Tulungagung.

1. Apa itu PLTS Atap?

Adalah sistem pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang di atas atap bangunan. Sistem ini terdiri dari panel surya yang menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga atau bisnis. 

PLTS atap menjadi alternatif yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dibandingkan dengan sumber energi fosil.

Perbandingan PLTS Atap di Tulungagung: Keuntungan Menggunakan

PLTS atap menawarkan banyak keuntungan yang patut dipertimbangkan. Beberapa keuntungannya meliputi:

Baca juga artikel kami mengenai Meningkatkan Keandalan Energi dengan PLTS Off-Grid

  • Energi Bersih dan Ramah Lingkungan: PLTS atap tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, sehingga membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.
  • Penyimpanan Energi: Dengan baterai penyimpanan, Anda dapat menyimpan energi berlebih yang dihasilkan oleh PLTS dan menggunakannya saat sinar matahari tidak tersedia.
  • Mengurangi Biaya Listrik: Dengan mengandalkan energi matahari, Anda dapat mengurangi ketergantungan pada listrik dari jaringan umum dan menghemat biaya tagihan listrik.
  • Nilai Tambah Properti: Pemasangan PLTS atap dapat meningkatkan nilai properti Anda, karena semakin banyak orang yang menyadari manfaat energi terbarukan.

Perbandingan PLTS Atap di Tulungagung: Jenis-Jenis Panel Surya

Dalam memilih PLTS atap, panel surya adalah komponen kunci yang harus dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa jenis panel surya yang umum digunakan:

  • Monokristalin: Panel surya ini terbuat dari satu kristal silikon, menghasilkan efisiensi yang tinggi dalam mengubah cahaya matahari menjadi listrik.
  • Polikristalin: Panel surya polikristalin terdiri dari banyak kristal kecil, dan meskipun efisiensinya sedikit lebih rendah daripada monokristalin, panel ini memiliki harga yang lebih terjangkau.
  • Thin-Film: Panel surya tipis ini memiliki fleksibilitas dalam instalasi dan sering digunakan di atap dengan struktur yang kompleks.

Penutup

Dalam panduan perbandingan PLTS atap di Tulungagung ini, telah membahas berbagai aspek yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih dan menginstal sistem PLTS. Hubungi Atonergi sekarang juga untuk berkonsultasi mengenai sistem PLTS atap yang tepat bagi Anda!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 47 = 51