Panduan Merakit Pompa Air Tenaga Surya

Panduan Merakit Pompa Air Tenaga Surya

Panduan Merakit Pompa Air Tenaga Surya
sumber: pixabay

Pompa air tenaga surya adalah alat yang memanfaatkan tenaga matahari untuk menggerakkan mesin pompa air. Alat ini sangat berguna bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil atau sulit mendapatkan akses listrik. 

Dengan memanfaatkan energi matahari, pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar tagihan listrik bulanan. Namun, untuk memanfaatkan alat ini, diperlukan panduan merakit pompa air tenaga surya yang benar.

Panduan Merakit Pompa Air Tenaga Surya

Sebelum memulai proses merakit PATS, Anda harus mengetahui komponen utamanya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa komponen utama pompa air tenaga surya:

-Panel Surya: Panel surya adalah komponen utama yang digunakan untuk menghasilkan listrik dari sinar matahari. Panel ini terdiri dari sel surya yang dapat mengubah sinar matahari menjadi energi listrik.

-Pompa Air: Pompa air adalah mesin yang digunakan untuk memompa air dari sumber air ke tempat yang diinginkan.

-Inverter: Inverter digunakan untuk mengubah arus listrik DC dari panel surya menjadi arus listrik AC yang dapat digunakan untuk memasok daya ke pompa air.

Langkah-Langkah Merakit Pompa Air Tenaga Surya

Setelah mengetahui komponen utama PATS, langkah-langkah merakit PATS adalah sebagai berikut:

1.Pilih panel surya yang sesuai dengan kebutuhan daya pompa air Anda. Panel surya dengan daya sekitar 250 watt biasanya sudah cukup untuk menggerakkan pompa air dengan kapasitas sekitar 1-2 liter per detik.

2.Pasang panel surya di tempat yang terkena sinar matahari dengan cukup intensitas. Pastikan panel surya terpasang dengan benar dan menghadap ke arah yang tepat.

3.Sambungkan panel surya ke inverter menggunakan kabel DC yang sesuai dengan daya panel surya Anda. Pastikan kabel DC terpasang dengan benar dan tidak terjadi konsleting.

4.Sambungkan pompa air ke inverter menggunakan kabel AC yang sesuai dengan daya pompa air Anda. Pastikan kabel AC terpasang dengan benar dan tidak terjadi konsleting.

5.Sambungkan inverter ke baterai sebagai penyimpan energi cadangan. Pastikan baterai terpasang dengan benar dan tidak terjadi konsleting.

6.Setelah semua komponen terpasang dengan benar, coba nyalakan pompa air dan pastikan pompa air sudah dapat berfungsi dengan baik.

Keuntungan Merakit Pompa Air Tenaga Surya

Merakit pompa air tenaga surya memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

1.Hemat Energi: Dengan menggunakan pompa air tenaga surya, pengguna tidak perlu lagi membayar biaya tambahan untuk tagihan listrik bulanan

2.Ramah Lingkungan: Pompa air tenaga surya menggunakan energi matahari yang terbarukan dan ramah lingkungan, sehingga dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang berbahaya bagi lingkungan.

3.Mudah Dirawat: Pompa air tenaga surya memiliki komponen yang sederhana dan mudah dirawat, sehingga pengguna tidak perlu khawatir mengalami kerusakan yang serius dan biaya perawatan yang tinggi.

Penutup

Pompa air tenaga surya merupakan alternatif yang tepat untuk menghasilkan air bersih tanpa menggunakan energi listrik yang mahal dan berdampak buruk bagi lingkungan. Dengan merakit pompa air tenaga surya sendiri, selain dapat menghemat biaya, juga dapat mempelajari teknologi yang ramah lingkungan dan mudah dirawat. Jika anda mengalami kesulitan dalam merakit, Hubungi Atonergi jasa pasang PATS terpercaya dan terbaik.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 3 + 1 =