Panduan Memilih dan Memasang PLTS di Rumah: Menyambut Masa Depan yang Lebih Terang

Sumber: Canva

Dalam panduan ini, kami akan membahas secara lengkap tentang bagaimana memilih dan memasang PLTS di rumah Anda. Dari pemahaman dasar tentang PLTS hingga langkah-langkah praktis dalam proses pemasangan.

Memilih Sistem PLTS yang Tepat

Sebelum memasang PLTS, Anda perlu memilih PLTS yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Berikut panduan pemilihan PLTS tersebut.

Menentukan Kebutuhan Energi Anda

Sebelum memilih PLTS yang tepat, Anda perlu menentukan kebutuhan energi Anda. Ini melibatkan menghitung total konsumsi energi Anda dalam kilowatt-hour (kWh) setiap bulan. Anda dapat melihat tagihan listrik Anda untuk mengetahui berapa banyak energi yang Anda gunakan setiap bulan.

Memperhitungkan Lokasi dan Penempatan PLTS

Panel surya harus ditempatkan di area yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Pastikan tidak ada bayangan yang menghalangi panel surya, seperti bangunan, pohon, atau struktur lainnya. Selain itu, pertimbangkan juga arah panel surya. 

Di Indonesia, arah yang paling ideal adalah menghadap ke selatan, dengan sudut kemiringan sekitar 20 derajat.

Memilih Jenis Panel Surya yang Tepat

Jenis yang paling umum adalah panel surya monokristalin dan polikristalin. Panel surya monokristalin terbuat dari satu kristal silikon tunggal, sementara panel surya polikristalin terbuat dari banyak kristal silikon. 

Panel surya monokristalin cenderung lebih efisien dan lebih mahal dibandingkan dengan panel surya polikristalin. Namun, pilihan tergantung pada anggaran dan kebutuhan energi Anda.

Proses Pemasangan PLTS

Berikut panduan dalam proses pemasangan PLTS yang tepat.

Mengajukan Izin dan Mengurus Dokumen

Sebelum memasang PLTS di rumah, Anda perlu mengajukan izin dan mengurus dokumen yang diperlukan. Hal ini bervariasi tergantung pada daerah tempat tinggal Anda. 

Menyiapkan Struktur Penyangga

Panel surya harus dipasang di atap atau area terbuka yang kuat dan stabil. Pastikan struktur penyangga sesuai dengan ukuran dan jenis panel surya yang Anda pilih.

Menghubungkan Panel Surya dengan Inverter

Inverter adalah perangkat yang akan mengubah energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya menjadi energi listrik yang dapat digunakan di rumah Anda. Pastikan kabel dan konektor yang digunakan dalam proses ini aman dan sesuai standar keamanan.

Menyambungkan Inverter ke Sistem Listrik Rumah

Setelah panel surya dan inverter terhubung, langkah terakhir adalah menyambungkan inverter ke sistem listrik rumah Anda. Ini melibatkan menghubungkan inverter ke meter listrik atau ke panel distribusi utama di rumah Anda. 

Penutup

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan profesional dalam hal ini untuk memastikan instalasi yang aman dan efisien. Hubungi Atonergi sekarang juga!

By : Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 × 2 =