Panduan Membersihkan PLTS Atap di Rumah: Agar PLTS Optimal

Sumber: canva

PLTS telah menjadi pilihan yang populer untuk menghasilkan listrik bersih di rumah. Dengan menggunakan energi matahari, PLTS dapat membantu mengurangi biaya listrik dan mengurangi dampak lingkungan. Namun, untuk memastikan PLTS Anda berfungsi dengan optimal, cleaning PLTS atap yang baik sangat penting.

Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki peralatan yang diperlukan untuk membersihkan PLTS atap di rumah Anda. Berikut adalah daftar peralatan yang perlu Anda siapkan:

1. Sikat halus atau lap microfiber

Anda membutuhkan sikat halus atau lap microfiber untuk membersihkan debu dan kotoran dari panel surya Anda. Pastikan Anda tidak menggunakan sikat dengan bulu yang kasar karena dapat merusak panel surya.

2. Sabun cuci piring

Sabun cuci piring adalah pilihan yang bagus untuk membersihkan panel surya karena lembut dan tidak merusak permukaan panel surya.

3. Peralatan keamanan

Pastikan Anda menggunakan peralatan keamanan seperti sarung tangan dan sepatu bot untuk menjaga keselamatan Anda saat membersihkan PLTS atap di rumah Anda.

Cara Cleaning PLTS Atap di Rumah

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membersihkan PLTS atap di rumah Anda:

1. Matikan Listrik

Matikan listrik PLTS Anda sebelum membersihkannya. Ini akan mengurangi risiko kejutan listrik saat membersihkan panel surya Anda.

2. Bersihkan Debu dan Kotoran

Gunakan sikat halus atau lap microfiber untuk membersihkan debu dan kotoran dari panel surya Anda. Pastikan Anda membersihkan dengan lembut untuk menghindari kerusakan pada panel surya.

3. Bilas dengan Air Bersih

Setelah membersihkan panel surya dengan sabun cuci piring, bilas panel surya dengan air bersih menggunakan selang. Pastikan semua sabun terbilas dengan baik dan tidak ada residu sabun yang tertinggal pada panel surya.

4. Periksa Kondisi Panel Surya

Saat membersihkan panel surya, periksa kondisinya untuk memastikan tidak ada kerusakan pada panel surya. Jika ada kerusakan seperti retak atau pecah, segera laporkan pada teknisi yang berwenang.

5. Bersihkan PLTS Secara Teratur

Membersihkan PLTS secara teratur sangat penting untuk memastikan kinerjanya optimal. Disarankan untuk membersihkan panel surya setidaknya satu atau dua kali setahun, tergantung pada tingkat polusi dan kondisi cuaca di lokasi Anda.

Penutup

Cleaning PLTS atap di rumah Anda secara teratur sangat penting untuk menjaga kinerjanya optimal. Dalam panduan ini, Anda telah mempelajari cara membersihkan PLTS atap di rumah dengan efektif dan aman. Namun, lebih baik percayakan maintenance PLTS Atap Anda pada Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 9 + 1 =