Panduan Membersihkan Panel Surya dan Baterai

Sumber: Canva

Penggunaan panel surya dalam menghasilkan energi listrik merupakan solusi untuk penggunaan energi bersih, namun perlu memperhatikan beberapa hal seperti perawatan panel surya. Perawatan panel surya dapat dilakukan dengan membersihkan panel surya, dengan panduan sebagai berikut.

Mengapa Membersihkan Panel Surya dan Baterai Penting untuk Kinerja Sistem Energi Surya?

Panel surya adalah komponen utama dari sistem energi surya yang digunakan untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Namun, panel surya yang kotor atau rusak dapat mengurangi efisiensi sistem energi surya secara signifikan.

Begitu juga dengan baterai, yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya. Baterai yang kotor atau rusak dapat mempengaruhi masa pakai baterai dan mengurangi kapasitas penyimpanan energi.

Dengan membersihkan panel surya dan baterai secara teratur, Anda dapat memastikan kinerja sistem energi surya di rumah tetap optimal, sehingga dapat menghemat biaya listrik dan mengurangi dampak lingkungan.

Cara Membersihkan Panel Surya dan Baterai yang Benar

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan solar panel dan baterai yang benar:

1. Matikan Sistem Energi Surya

Sebelum membersihkan solar panel dan baterai, pastikan untuk mematikan sistem energi surya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko kejutan listrik dan melindungi sistem energi surya dari kerusakan.

2. Bersihkan Debu dan Kotoran pada Panel Surya

Langkah pertama dalam membersihkan solar panel adalah menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Untuk membersihkan debu dan kotoran, Anda dapat menggunakan kain lembut atau sikat yang tidak akan merusak permukaan panel.

3. Bersihkan Panel Surya dengan Air

Setelah menghilangkan debu dan kotoran, langkah selanjutnya adalah membersihkan solar panel dengan air. Gunakan semprotan air atau ember untuk mengairi panel surya, dan pastikan untuk menghindari penggunaan air dengan tekanan yang terlalu kuat, karena dapat merusak permukaan panel surya..

4. Keringkan Panel Surya

Setelah membersihkan solar panel dengan air, pastikan untuk mengeringkan panel surya dengan kain atau lap yang bersih dan lembut.

5. Bersihkan Terminal Baterai

Untuk membersihkan terminal baterai, Anda dapat menggunakan sikat yang bersih dan kering untuk membersihkan terminal baterai dari kotoran dan korosi. 

6. Bersihkan Kotak Baterai

Setelah membersihkan terminal baterai, pastikan untuk membersihkan kotak baterai dengan kain atau lap yang bersih dan lembut.

7. Periksa Kondisi Panel Surya dan Baterai

Pastikan untuk memeriksa kondisi panel surya dan baterai secara keseluruhan. Periksa apakah ada kerusakan atau tanda-tanda keausan pada panel surya atau baterai, dan pastikan untuk mengganti komponen yang rusak atau aus.

Penutup

Membersihkan panel surya dan baterai secara teratur adalah langkah penting dalam memastikan kinerja sistem energi surya tetap optimal dan efisien. Namun, langkah lebih baik percayakan perawatan panel surya Anda pada Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 4 = 5