Panduan Maintenance Panel Surya untuk PLTS Atap Gedung

Panduan Maintenance Panel Surya untuk PLTS Atap Gedung

Panduan Maintenance Panel Surya untuk PLTS Atap Gedung
sumber: canva

PLTS atap gedung adalah sumber energi yang ramah lingkungan dan efisien untuk memenuhi kebutuhan listrik gedung Anda. Kinerja PLTS sangat tergantung pada kualitas panel surya, dan maintenance panel surya yang tepat sangat penting untuk mempertahankan kinerja PLTS yang optimal. 

Tanda-Tanda Kerusakan pada Panel Surya

Ada beberapa tanda-tanda kerusakan pada panel surya yang harus diperhatikan agar dapat segera ditangani sebelum merusak kinerja PLTS secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tanda-tanda kerusakan yang perlu Anda perhatikan:

1.Penurunan produksi energi: Jika Anda melihat penurunan produksi energi dari panel surya Anda, hal ini mungkin disebabkan oleh kerusakan pada salah satu komponen panel surya, seperti sel surya atau inverter.

2.Tanda-tanda visual: Periksa panel surya secara visual untuk melihat apakah ada kerusakan atau cacat pada permukaannya, seperti retakan atau pecahan pada kaca penutup atau kerusakan pada lapisan pelindung.

3.Suhu yang tidak normal: Panel surya harus beroperasi pada suhu yang normal. Jika panel surya terasa panas atau terlalu dingin, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada inverter atau sistem pendingin.

Jika Anda menemukan salah satu tanda-tanda kerusakan pada panel surya Anda, segeralah memanggil tenaga ahli untuk memperbaikinya secepat mungkin.

Cara Membersihkan Panel Surya

Membersihkan panel surya secara teratur adalah salah satu cara untuk mempertahankan kinerja PLTS Anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda membersihkan panel surya dengan cara yang benar agar tidak merusaknya. Berikut adalah beberapa cara membersihkan panel surya yang benar:

1.Bersihkan pada waktu yang tepat: Membersihkan panel surya pada waktu yang tepat sangat penting. Hindari membersihkan panel surya saat terik matahari sedang terik-teriknya. Sebaiknya lakukan pada pagi hari atau sore hari.

2.Gunakan sabun yang lembut: Ketika membersihkan panel surya, pastikan Anda menggunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang keras atau abrasif yang dapat merusak lapisan pelindung pada panel surya.

3.Gunakan air bersih: Pastikan Anda menggunakan air bersih saat membersihkan panel surya dan hindari menggunakan air keran yang mengandung mineral dan sedimen yang dapat meninggalkan residu pada panel surya.

4.Bersihkan secara perlahan: Hindari membersihkan panel surya dengan kuat karena dapat merusak panel surya. Bersihkan dengan lembut menggunakan kain lembut atau spons.

Penutup

Maintenance panel surya secara teratur sangat penting untuk memastikan kinerja PLTS atap gedung Anda. Jangan lupa untuk memanggil tenaga ahli dari Atonergi jika Anda menemukan tanda-tanda kerusakan pada panel surya Anda, Dan dapatkan penawaran promo spesial dari Atonergi.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 81 − 80 =