Panduan Lengkap Cara Instalasi Solar Panel 200 wp

Sumber: Canva

Apakah Anda sedang mencari cara untuk menghemat listrik di rumah? Kalau iya, Anda bisa mempertimbangkan untuk memasang Solar Panel 200 wp di atap rumah Anda. Solar Panel berfungsi untuk menghasilkan listrik dari energi matahari. Untuk memasangnya, ketahui cara instalasi solar panel 200 wp yang efektif.

Persiapan Sebelum Memasang Solar Panel

Sebelum memasang Solar Panel, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda persiapkan:

1. Pilih Jenis Solar Panel yang Tepat

Solar Panel terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Berikut adalah jenis Solar Panel yang dapat Anda pilih:

  • Polikristalin: jenis Solar Panel yang paling umum digunakan dan memiliki efisiensi yang cukup baik.
  • Monokristalin: jenis Solar Panel yang lebih efisien daripada polikristalin, namun harganya lebih mahal.
  • Thin Film: jenis Solar Panel yang ringan dan fleksibel, namun memiliki efisiensi yang lebih rendah dibandingkan jenis Solar Panel lainnya.

2. Hitung Kebutuhan Energi rumah Anda

Anda perlu menghitung kebutuhan energi rumah Anda terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar Solar Panel yang Anda pilih dapat menghasilkan energi yang cukup untuk kebutuhan rumah.

3. Periksa Letak Atap rumah Anda

Letak atap rumah Anda juga menjadi faktor penting dalam memasang Solar Panel. Pastikan atap rumah Anda dapat menampung dan menopang Solar Panel dengan baik. Selain itu, pastikan juga atap rumah Anda menghadap ke arah matahari secara langsung agar Solar Panel dapat menghasilkan energi yang optimal. 

Cara Instalasi Solar Panel 200 wp

Setelah melakukan persiapan di atas, Anda siap memasang Solar Panel di rumah Anda. Berikut adalah cara instalasi solar panel 200 wp yang benar:

1. Pasang Rangka dan Tiang Penopang

Pasang rangka dan tiang penopang di atas atap rumah Anda untuk menopang Solar Panel. Pastikan rangka dan tiang penopang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Pasang rangka dan tiang penopang dengan rapat agar Solar Panel tidak bergeser atau jatuh.

2. Pasang Solar Panel

Setelah rangka dan tiang penopang terpasang dengan baik, pasang Solar Panel di atas rangka. Pastikan Solar Panel terpasang dengan rapat dan aman di atas rangka. Pastikan juga kabel Solar Panel terhubung dengan kabel inverter.

3. Pasang Inverter

Inverter berfungsi untuk mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik yang dapat digunakan di rumah Anda. Pasang inverter di dalam rumah Anda dan hubungkan kabel inverter dengan kabel Solar Panel.

4. Hubungkan Kabel Inverter dengan Listrik rumah Anda

Setelah semua terpasang dengan baik, hubungkan kabel inverter dengan listrik rumah Anda. Pastikan pemasangan kabel inverter dilakukan oleh ahli listrik untuk menghindari risiko kebakaran dan korsleting.

Penutup

Dengan memasang Solar Panel 200 wp, Anda dapat menghemat tagihan listrik setiap bulan dan membantu menjaga lingkungan. Pahami cara instalasi solar panel 200 wp agar dapat memasang sendiri. Namun, sesungguhnya membutuhkan tenaga ahli dalam pemasangan sehingga percayakan pemasangan pada Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 2 = 5