Kenali Jenis-jenis Solar Panel 200 wp untuk Kebutuhan Energi

Sumber: Canva

Jika Anda mencari cara untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan dan hemat biaya, maka solar panel 200 wp bisa menjadi pilihan yang tepat. Panel surya ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi Anda. Kenali jenis-jenis solar panel 200 wp terlebih dahulu untuk memilih jenis yang tepat sesuai anggaran Anda.

Apa itu Solar Panel 200 wp?

Solar panel 200 wp adalah panel surya yang mampu menghasilkan daya sebesar 200 wp ketika terkena sinar matahari secara langsung. Panel surya umumnya terdiri dari sel surya, busbar, backsheet, frame, dan kaca tempered. Ketika sinar matahari mengenai sel surya, energi matahari diubah menjadi energi listrik .

Jenis-jenis Solar Panel 200 wp

Berikut ini adalah jenis dari panel surya 200 wp yang tersedia di pasaran.

a. Polikristalin

Panel surya ini terdiri dari beberapa kristal silikon yang diatur secara acak. Keuntungan dari panel surya polikristalin adalah harganya yang terjangkau dan efisiensinya yang cukup baik dalam kondisi pencahayaan yang sedang.

b. Monokristalin

Panel surya monokristalin menggunakan kristal silikon tunggal yang teratur. Panel surya jenis ini memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan panel surya polikristalin, namun harganya juga lebih mahal.

c. Jenis-Jenis Solar Panel 200 wp: Jenis Panel Thin-Film

Panel surya thin-film terbuat dari lapisan tipis silikon, cadmium telluride, atau bahan-bahan lainnya. Panel surya jenis ini memiliki kelebihan berupa bobot yang ringan dan fleksibilitas dalam penempatan, namun efisiensinya relatif rendah.

Keuntungan Solar Panel 200 wp

Menggunakan solar panel 200 wp memiliki keuntungan. Berikut ini merupakan keuntungannya.

a. Hemat Biaya

Panel surya 200 wp dapat membantu Anda menghemat biaya listrik bulanan karena energi yang dihasilkan berasal dari sumber yang gratis, yaitu sinar matahari.

b. Berkualitas Tinggi

Panel surya 200 wp biasanya terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi yang tahan lama dan dapat bertahan dalam berbagai kondisi cuaca.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Solar Panel 200 wp

Kinerja dari solar panel 200 wp dipengaruhi beberapa faktor berikut ini:

a. Intensitas Cahaya Matahari

Intensitas cahaya matahari adalah faktor yang paling mempengaruhi kinerja panel surya 200 wp. Semakin terang cahaya matahari yang diterima, semakin besar pula energi yang dihasilkan oleh panel surya.

b. Suhu Lingkungan

Suhu lingkungan juga dapat mempengaruhi kinerja panel surya 200 wp. Ketika suhu terlalu tinggi, efisiensi panel surya dapat menurun. Oleh karena itu, sebaiknya panel surya ditempatkan di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

c. Kualitas Panel Surya

Kualitas panel surya juga sangat berpengaruh terhadap kinerjanya. Panel surya berkualitas rendah cenderung memiliki efisiensi yang lebih rendah dan lebih cepat rusak dibandingkan dengan panel surya berkualitas tinggi.

Penutup

Kenali Jenis-jenis Solar Panel 200 wp untuk Kebutuhan Energi Anda sebelum Anda memutuskan untuk membeli panel surya tersebut. Panel surya 200 wp menawarkan berbagai keuntungan. Miliki solar panel 200 wp dengan bantuan Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 98 − = 92