Merencanakan Proyek PLTS Atap di Tulungagung

sumber: dokumen Atonergi

Dalam era modern ini, kita semakin menyadari pentingnya berpindah ke sumber energi terbarukan untuk menjaga bumi kita tetap lestari. Apakah Anda ingin memanfaatkan sinar matahari yang melimpah sebagai sumber energi bersih dan ramah lingkungan? Jika iya, maka rencanakan proyek PLTS Atap di Tulungagung.

Apa itu Proyek PLTS Atap di Tulungagung?

PLTS atap adalah sistem pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang di atap bangunan. Energi matahari yang terpancar diubah menjadi listrik melalui panel surya yang terpasang secara strategis. Dengan memanfaatkan teknologi inovatif ini, Anda dapat menghasilkan daya listrik untuk keperluan rumah tangga atau bisnis Anda.

Mengapa Memilih PLTS Atap?

PLTS atap menawarkan banyak keuntungan bagi lingkungan dan pemiliknya. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Energi Terbarukan: Sumber energi yang tak terbatas dan bersih, membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.
  • Penghematan Biaya Energi: Menghasilkan listrik sendiri berarti mengurangi tagihan listrik bulanan dan bahkan bisa menghasilkan pendapatan jika listrik berlebih dijual kembali ke grid.
  • Ramah Lingkungan: Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca dan membantu mengurangi dampak pemanasan global.
  • Nilai Properti: Menambah nilai properti karena investasi dalam energi terbarukan semakin diminati dan dihargai.

Pemetaan Potensi Surya di Tulungagung

Sebelum memulai proyek PLTS atap, penting untuk melakukan pemetaan potensi surya di Tulungagung. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan meliputi:

Baca juga artikel kami mengenai PLTS: Solusi Ramah Lingkungan di Jawa Timur

  • Pengamatan Sinar Matahari: Identifikasi area dengan paparan sinar matahari maksimum selama sehari.
  • Evaluasi Kemiringan Atap: Atap yang menghadap ke selatan dengan kemiringan tertentu cenderung lebih efisien dalam menangkap sinar matahari.
  • Hambatan Bayangan: Pastikan tidak ada hambatan bayangan seperti pohon atau bangunan lain yang dapat menghalangi paparan sinar matahari.

Proses Instalasi Proyek PLTS Atap di Tulungagung

Proses instalasi meliputi langkah-langkah berikut:

  • Pemasangan Struktur dan Kerangka: Struktur penyangga panel surya dipasang di atap bangunan dengan hati-hati untuk memastikan kestabilan dan keamanan.
  • Pemasangan Inverter: Inverter mengubah arus searah (DC) yang dihasilkan panel surya menjadi arus bolak-balik (AC) yang digunakan untuk keperluan listrik.
  • Pemasangan Panel Surya: Panel surya dipasang di atas struktur dengan posisi yang optimal untuk menangkap sinar matahari.
  • Penghubungan ke Grid: Sistem PLTS atap dihubungkan ke grid listrik untuk dapat saling bertukar daya.

Penutup

Merencanakan proyek PLTS atap di Tulungagung adalah langkah positif menuju penggunaan energi terbarukan yang berkelanjutan. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menghasilkan listrik sendiri, menghemat biaya energi, dan berkontribusi menjaga lingkungan. Pasang sekarang dengan jasa Atonergi!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 3 = 2