Menghitung Penghematan Energi dengan Panel Surya

Panel surya telah menjadi pilihan yang populer dalam menghasilkan energi bersih dan Penghematan biaya energi. Namun, sebelum memutuskan untuk menginstal panel surya, penting untuk memahami bagaimana menghitung potensi penghematan energi yang dapat Anda capai. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menghitung penghematan energi dengan panel surya.

1. Mengetahui Konsumsi Energi Anda

Langkah pertama adalah memahami seberapa banyak energi yang biasanya Anda konsumsi. Ini dapat dilihat dari tagihan listrik Anda dalam kilowatt-hour (kWh) per bulan. Informasi ini akan menjadi dasar untuk menghitung berapa banyak energi yang harus dihasilkan oleh panel surya Anda.

2. Kapasitas Panel Surya

Kapasitas panel surya diukur dalam watt-peak (Wp), yang menunjukkan berapa banyak daya yang dapat dihasilkan oleh panel dalam kondisi optimal sinar matahari. Anda perlu mengetahui kapasitas panel surya Anda untuk menghitung berapa banyak energi yang dapat dihasilkannya setiap hari.

3. Jam Puncak Sinar Matahari

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui berapa banyak jam sinar matahari yang biasanya tersedia di lokasi Anda setiap hari. Hal ini dapat berbeda tergantung pada musim dan lokasi geografis Anda. Informasi ini akan membantu Anda memperkirakan berapa banyak energi yang dihasilkan oleh panel surya dalam sehari.

4. Menghitung Potensi Penghematan

Setelah Anda memiliki semua informasi yang diperlukan, Anda dapat menghitung potensi penghematan energi dengan panel surya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hitung total energi yang biasanya Anda konsumsi dalam sebulan (dalam kWh).
  • Bagi total energi tersebut dengan jumlah hari dalam bulan untuk mendapatkan rata-rata energi harian yang diperlukan (dalam kWh/hari).
  • Bagi rata-rata energi harian yang diperlukan dengan jam puncak sinar matahari yang tersedia untuk mendapatkan kapasitas panel surya yang diperlukan (dalam Wp).
  • Gunakan kapasitas panel surya Anda untuk menghitung berapa banyak energi yang dihasilkan dalam sehari (dalam kWh).
  • Hitung potensi penghematan energi dengan mengurangkan energi yang dihasilkan oleh panel surya dari rata-rata energi harian yang diperlukan. Ini akan memberi Anda gambaran tentang seberapa banyak energi yang dapat Anda hemat setiap hari.

5. Perhitungan Pengembalian Investasi

Selain penghematan energi, Anda juga dapat menghitung pengembalian investasi dari panel surya. Hitung biaya instalasi panel surya dan bagi dengan potensi penghematan energi tahunan. Ini akan memberi Anda perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pengembalian investasi.

Penutup

Menghitung penghematan energi dengan panel surya melibatkan beberapa langkah yang memerlukan pemahaman tentang konsumsi energi, kapasitas panel surya, dan kondisi sinar matahari di lokasi Anda. Dengan perhitungan yang akurat, Anda dapat membuat keputusan yang bijak dalam menginstal panel surya untuk mengurangi biaya energi Anda dan memberikan kontribusi pada lingkungan yang lebih bersih. Segera kunjungi website kami di www.atonergi.com atau kontak sales dan media sosial kami di bawah ini untuk konsultasi lebih lanjut.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Karina: 0811-328-7979

Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok: Atonergi
Tokopedia: Atonergi
Shopee: Atonergi

Penulis : Hedgehog

Penyunting : Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 9