Menghitung Biaya Listrik Tenaga Surya: Panduan untuk Anda

biaya listrik tenaga surya
sumber : canva

Saat ini, semakin banyak pemilik rumah yang mencari cara untuk mengurangi biaya listrik mereka dan beralih ke energi terbarukan. Salah satu solusi yang sedang populer adalah panel surya. Namun, banyak orang masih bingung tentang bagaimana cara menghitung biaya listrik tenaga surya. 

Cara Menghitung Biaya Listrik Tenaga Surya

Berikut ini cara menghitung biaya menggunakan listrik tenaga surya.

a. Hitung Ukuran Sistem yang Diperlukan

Langkah pertama dalam menghitung biaya listrik tenaga surya adalah menentukan ukuran sistem yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah Anda. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk:

  • Konsumsi listrik bulanan Anda
  • Lokasi rumah Anda dan jumlah sinar matahari yang diterima
  • Jenis panel surya yang ingin Anda gunakan
  • Ukuran dan kemiringan atap rumah Anda

Untuk menghitung ukuran sistem yang diperlukan, Anda dapat menggunakan kalkulator energi surya online atau berkonsultasi dengan seorang profesional.

b. Hitung Biaya Panel Surya

Setelah menentukan ukuran sistem yang diperlukan, langkah berikutnya adalah menghitung biaya panel surya. Biaya ini akan bervariasi tergantung pada ukuran sistem, merek panel surya yang ingin Anda gunakan, dan pemasangan panel surya.

c. Hitung Biaya Instalasi

Biaya instalasi panel surya juga perlu dipertimbangkan. Biaya ini akan bervariasi tergantung pada kompleksitas instalasi, lokasi rumah Anda, dan jumlah panel surya yang akan dipasang. Anda dapat meminta penawaran dari beberapa instalator panel surya untuk membandingkan biaya instalasi.

Biaya Operasional

Setelah panel dipasang, biaya operasional sistem tenaga surya akan menjadi lebih rendah daripada listrik konvensional. Biaya operasional sistem tenaga surya meliputi:

  • Biaya pemeliharaan sistem
  • Biaya penggantian baterai (jika sistem menggunakan baterai)
  • Biaya asuransi sistem

Meskipun biaya operasional sistem tenaga surya dapat lebih rendah dari listrik konvensional, namun biaya ini masih bisa dihitung dan diprediksi.

Penghematan

Penghematan adalah manfaat utama dari beralih ke listrik tenaga surya. Dengan memproduksi listrik sendiri, pemilik rumah dapat mengurangi biaya tagihan listrik bulanan mereka. Selain itu, penghematan juga dapat dihasilkan melalui:

  • Kredit pajak: Pemerintah Indonesia memberikan kredit pajak hingga 30% dari biaya instalasi panel surya. Ini dapat membantu mengurangi biaya instalasi dan mempercepat pengembalian investasi.
  • Penjualan ke grid: Beberapa sistem tenaga surya memungkinkan untuk menjual kelebihan listrik ke grid listrik, sehingga dapat menghasilkan penghasilan tambahan bagi pemilik rumah.

Penutup

Menghitung hal ini dapat menjadi tugas yang rumit, tetapi dengan panduan ini, Anda dapat memiliki gambaran yang jelas tentang beban awal, beban operasional, dan penghematan yang dapat dihasilkan dari beralih ke listrik tenaga surya. Atonergi dapat membantu Anda dalam perhitungan biaya, hubungi sekarang!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 27 − = 17