Mengenal Tenaga Surya

Tenaga surya atau energi surya adalah salah satu jenis energi terbarukan yang berasal dari sinar matahari. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang mengenal energi surya, manfaatnya, bagaimana cara menggunakannya, serta beberapa pertanyaan umum yang sering muncul seputar energi surya.

Sumber: Canva

Apa itu Tenaga Surya dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Energi surya adalah energi yang dihasilkan dari sinar matahari. Energi ini dihasilkan melalui proses fotovoltaik (PV) yang mengubah energi cahaya menjadi listrik. Selain itu, energi surya juga dapat dihasilkan melalui kolektor surya, yaitu perangkat yang mengubah energi matahari menjadi energi panas.

Bagaimana Cara Menggunakan Tenaga Surya?

Menggunakan energi surya dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

  1. Panel surya: panel surya adalah salah satu cara paling umum untuk menghasilkan energi surya. Panel surya terdiri dari sel fotovoltaik yang menangkap energi cahaya dan mengubahnya menjadi listrik yang dapat digunakan untuk menyuplai listrik ke rumah atau bisnis.
  2. Kolektor surya: kolektor surya digunakan untuk menghasilkan energi panas dari sinar matahari. Kolektor surya terdiri dari tabung yang diisi dengan cairan yang dipanaskan oleh energi matahari, kemudian cairan tersebut digunakan untuk memanaskan air atau udara.
  3. Sistem surya terpusat: sistem surya terpusat digunakan pada skala besar, seperti pembangkit listrik energi surya. Sistem ini terdiri dari panel surya yang terpasang pada area luas dan dihubungkan dengan sistem penyaluran listrik.

Manfaat Menggunakan Tenaga Surya

Energi surya sendiri memiliki beberapa manfaat, berikut diantaranya:

  1. Ramah Lingkungan: Penggunaan energi surya dapat membantu mengurangi emisi karbon dioksida dan polusi udara, sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan sumber energi fosil.
  2. Hemat Biaya: Biaya investasi awal untuk menggunakan energi surya mungkin cukup tinggi, namun dalam jangka panjang, penggunaan energi surya dapat menghemat biaya karena energi matahari gratis dan dapat digunakan secara berkelanjutan.
  3. Mengurangi Ketergantungan pada Sumber Energi Fosil: Sumber energi fosil semakin langka dan mahal, sehingga Menggunakan energi surya dapat membantu mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil yang semakin terbatas.
  4. Meningkatkan Kemandirian Energi: Penggunaan energi surya dapat meningkatkan kemandirian energi, terutama bagi wilayah yang sulit dijangkau oleh jaringan listrik konvensional.
  5. Meningkatkan Nilai Properti: Rumah atau bisnis yang menggunakan sistem energi surya dapat memiliki nilai properti yang lebih tinggi karena menggunakan sumber energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan dan hemat biaya.

Penutup

Mulailah menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi bersih yang ramah lingkungan dan terjangkau sekarang juga!

By: Bee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 83 = 84