Mengenal Pompa Air Tenaga Surya Permukaan Lebih Dekat

Mengenal Pompa Air Tenaga Surya Permukaan Lebih Dekat
Sumber: canva

Apakah Anda sedang mencari solusi pompa air yang hemat energi dan ramah lingkungan? Jika iya, maka pompa air tenaga surya permukaan bisa menjadi pilihan untuk Anda. PATS permukaan adalah sebuah alat yang dapat memindahkan air dari permukaan ke tempat yang lebih tinggi dengan menggunakan tenaga surya. 

Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya Permukaan

PATS permukaan bekerja dengan cara mengekstraksi energi dari matahari dan mengubahnya menjadi listrik yang kemudian digunakan untuk menggerakkan pompa air. PATS permukaan terdiri dari beberapa komponen seperti panel surya, regulator daya, pompa air, dan baterai.

1. Panel Surya

komponen utama dari PATS permukaan adalah panel surya, yang berfungsi untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik. Panel surya terdiri dari beberapa sel surya yang terhubung secara seri dan paralel untuk menghasilkan listrik yang cukup untuk menggerakkan pompa air.

2. Regulator Daya

Komponen yang berfungsi untuk mengontrol arus dan tegangan listrik yang dihasilkan oleh panel surya adalah regulator daya. Regulator daya juga berfungsi untuk mencegah kerusakan pada baterai dan memperpanjang umur pakai baterai.

3. Pompa Air

Komponen yang berfungsi untuk menggerakkan air dari permukaan ke tempat yang lebih tinggi adalah pompa air. PATS permukaan biasanya menggunakan pompa sentrifugal yang dapat menghasilkan tekanan air yang cukup untuk memindahkan air ke tempat yang lebih tinggi.

4. Baterai

Komponen yang berfungsi untuk menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya adalah baterai.

Keunggulan Pompa Air Tenaga Surya Permukaan

Berikut adalah keunggulan PATS permukaan:

1. Hemat Energi

PATS permukaan memanfaatkan sumber energi yang tidak terbatas dan gratis yaitu sinar matahari. Dengan memanfaatkan energi dari matahari, PATS permukaan tidak memerlukan sumber energi yang besar seperti pompa air konvensional yang biasanya menggunakan listrik dari PLN atau generator bensin. 

2. Ramah Lingkungan

PATS permukaan tidak menggunakan bahan bakar fosil atau bahan kimia yang dapat merusak lingkungan. Dengan menggunakan PATS permukaan, Anda dapat membantu melestarikan lingkungan dan mengurangi dampak negatif dari penggunaan energi fosil.

3. Mudah Dipasang

PATS permukaan mudah dipasang dan tidak memerlukan infrastruktur yang rumit. Cukup pasang panel surya di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup dan pasang pompa air pada lokasi yang diinginkan. Sehingga dapat mengurangi biaya instalasi dan memudahkan penggunaan.

4. Tidak Memerlukan Perawatan Rutin

PATS permukaan tidak memerlukan perawatan rutin seperti pompa air konvensional yang sering mengalami kerusakan atau masalah. Sehingga dapat mengurangi biaya perawatan dan pemeliharaan.

5. Hidup Lebih Lama

PATS permukaan memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan dengan pompa air konvensional. Sebab PATS permukaan tidak menggunakan bahan bakar fosil atau bahan kimia yang dapat merusak komponen pompa air. Sehingga dapat mengurangi biaya penggantian dan pemeliharaan.

Penutup

Pompa air tenaga surya permukaan memiliki keuntungan yang dapat bermanfaat bagi Anda. Konsultasikan pada Atonergi apakah jenis pompa ini tepat bagi kebutuhan Anda!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 17 + = 22