PLTS On Grid

Mengenal PLTS On Grid: Cara Kerja dan Keuntungannya

Ada beberapa Jenis Sistem Kerja PLTS yang populer ada saat ini diantaranya adalah PLTS On Grid, PLTS Off Grid dan PLTS Hybrid. Dari ketiga sistem PLTS tersebut, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena penggunaan dari masing-masing sistem kerja plts akan disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri.

Dari ketiga jenis sistem PLTS, kita akan membahas lebih lanjut tentang Sistem PLTS On Grid tentang bagaimana pengertian, keuntungan, skema, komponen yang dibutuhkan, sampai biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan plts.

Baca Juga: PLTS Hybrid: Menggabungkan Keunggulan

Apa itu PLTS On Grid?

Pengertian PLTS On Grid adalah sistem pembangkit listrik tenaga surya yang terhubung langsung dengan jaringan listrik utama atau grid. Energi yang dihasilkan oleh panel surya akan dikonversi langsung menjadi listrik yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dari bangunan.

Prinsip Kerja sistem PLTS On Grid merupakan sistem PLTS tanpa baterai yang penggunaannya efektif saat pagi sampai sore hari atau saat ada sinar matahari. Karena tidak menggunakan baterai, sistem ini lebih cocok untuk bangunan yang lebih banyak aktifitas pada siang hari misalnya kantor, pabrik atau lainnya.

Pada Sistem on grid apabila ada produksi listrik dari PLTS yang lebih besar dari kebutuhan, sisa listrik akan diekspor ke jaringan PLN sehingga diperlukan perubahan meteran listrik dari meteran biasa menjadi meteran EXIM.

Keuntungan dan Kekurangan Memasang PLTS On Grid

Sebelum memutuskan memasang PLTS On Grid, hal yang kalian perlu ketahui adalah tentang keuntungan dan kekurangan memasang PLTS On Grid untuk tempat anda. Berikut adalah penjelasannya :

Keuntungan dari Pasang PLTS On Grid

  1. Lebih Murah : Biaya pasang yang dibutuhkan lebih murah daripada sistem plts off grid dan hybrid
  2. Cocok untuk Budget Minim : Sistem jenis ini sangat cocok bagi mereka yang tidak memiliki ruang atau budget untuk memasang plts yang cukup besar untuk menutupi 100% penggunaan energinya. Anda dapat terus menarik listrik dari jaringan jika diperlukan.

Kekurangan dari Pasang PLTS On Grid

  1. Membutuhkan Izin dari PLN : Jika ingin memasang sistem PLTS On Grid harus memiliki izin dari PLN terlebih dahulu. Karena sistem On grid terhubung langsung dengan listrik PLN yang artinya harus mengganti meteran listriknya ke meteran EXIM. Dan hal tersebut membutuhkan waktunya yang lama untuk mengurus perizinan.
  2. Tetap ikut terkena mati listrik : Karena sistem PLTS ini tidak menggunakan baterai sebagai sumber penyimpanan energinya, ketika terjadi mati listrik, maka sistem PLTS juga tidak berfungsi.

Baca Juga : Apa Itu PLTS Off Grid dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Komponen yang Dibutuhkan untuk Instalasi PLTS On Grid

Sebelum mengetahui bagaimana cara kerja sistem PLTS On Grid, anda perlu mengetahui komponen yang dibutuhkan untuk instalasi PLTS On Grid adalah sebagai berikut:

  1. Modul Panel Surya
  2. Mounting
  3. On Grid Inverter
  4. AC DC Disconnect
  5. Meteran EXIM
  6. Kabel PV
  7. Kabel AC
  8. Grounding Kit
  9. Aksesoris Instalasi

Cara Kerja Sistem PLTS On Grid

1. Penangkapan Sinar Matahari

Panel Surya akan menyerap energi matahari dan produksi daya terjadi pada saat siang hari dengan kondisi cuaca cerah.

2. Pemutusan Arus AC dan DC

Produksi daya dari Panel Surya akan difilter lewat pemutus arus AC dan DC agar menghindarkan resiko dari konsleting listrik

3. Inverter

Tugas dari Inverter sendiri akan mengganti arus listrik searah (DC) yang dihasilkan oleh panel surya menjadi arus listrik bolak-balik (AC) agar bisa memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari

4. Konversi Menjadi Listrik

Kemudian hasil produksi dari panel surya akan di konversi menjadi listrik yang akan dikonsumsi oleh pelanggan. Jika produksi berlebih, maka daya listrik akan dikirim ke jaringan distribusi PLN sebagai tabungan listrik.

5. Meteran Ekspor Impor Listrik

Meteran berfungsi untuk mengukur jumlah listrik yang diekspor dari jaringan PLTS ke jaringan PLN dan yang diimpor dari jaringan PLN ke PLTS.

Sistem PLTS ini tidak memakai baterai maka kelebihan pasokan listrik yang tidak terpakai akan disimpan ke jaringan PLN. Jika PLTS tidak menghasilkan listrik maka PLN akan memasok energi ke jaringan PLTS.

Skema saat Menggunakan PLTS On Grid

PLTS on grid biasanya tidak menggunakan baterai dan terhubung langsung dengan jaringan PLN. Berikut ini beberapa skema yang bisa anda alami saat anda menggunakan sistem PLTS satu ini.

1. Situasi Normal

Panel surya hanya bisa menyuplai energi saat siang dan listrik yang tidak dipakai akan disimpan ke jaringan PLN

2. Situasi Cuaca tidak Mendukung

Ketika panel surya tidak bisa memproduksi listrik dengan efektik dikarenakan cuaca mendung, berawan, hujan dari pagi sampai sore hari maka kekurangan energi akan dipasok dari jaringan PLN.

3. Situasi Malam Hari

Saat malam hari, sistem PLTS ini akan otomatis berhenti bekerja.

Biaya Pemasangan PLTS On Grid

Biaya pemasangan PLTS On Grid akan bergantung dengan merek dari setiap komponen yang dibutuhkan dalam instalasi PLTSnya. Namun, pada umumnya harga pemasangan PLTS jenis ini mulai dari Rp 15.000.000. Harga tersebut akan disesuaikan dengan daya yang dibutuhkan oleh rumah pengguna.

Aturan yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memasang PLTS On Grid

Jika anda ingin memasang skema plts ini ada hal penting yang diperlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Izin pemasangan PLTS On Grid

Karena jaringan listrik langsung terhubung dengan jaringan PLN, maka pemasangan membutuhkan Izin ke PLN untuk penggantian ke meteran EXIM. Namun, saat ini izin pemasangan jenis ini cukup sulit mendapatkan persetujuan dari pihak PLN. Bisa memakan waktu dan biaya yang cukup banyak.

2. Denda pemasangan PLTS On Grid

Sobat aton perlu dipahami bahwa memaksa memakai meteran dari PLN tanpa mendapat izin dan belum mengganti meteran ke EXIM. Maka ada resiko akan dikenakan denda oleh PLN untuk mengganti kerugian. Case terburuknya, jika tidak mampu membayar denda, aliran listrik PLN akan dicabut.

Kesimpulan

PLTS On Grid adalah sistem pembangkit listrik tenaga surya yang terhubung langsung dengan jaringan listrik utama atau grid. Energi yang dihasilkan oleh panel surya akan dikonversi langsung menjadi listrik yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dari bangunan.
Keuntungan dari memasang PLTS On Grid adalah karena biaya yang dibutuhkan lebih murah dari pada skema plts lainnya tetapi cukup rumit karena membutuhkan izin PLN yang cukup memakan banyak waktu dan biaya.

ATONERGI : SOLUSI PENYEDIA ENERGI TERBARUKAN

Sebagai perusahaan yang mendukung penghematan energi, maka Kami menawarkan solusi kepada Anda terkait penggunaan pembangkit listrik tenaga surya. Ada banyak Paket PLTS untuk Rumah yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Semoga informasi di atas bisa membantu ya! Sobat Aton, jangan lupa cek artikel menarik lainnya seputar plts, pats dan energi terbarukan di Blog Atonergi

Sobat Aton, apabila anda tertarik untuk memasang PLTS Atap yang Terpercaya bisa hubungi tim Atonergi disini ya, Gratis konsultasi kok! Dapatkan Diskon hingga 50% dan Gratis Pemasangan

Banner Paket Panel Surya untuk Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 32 − = 23