Mengapa Energi Terbarukan Penting untuk SDGs

Mengapa Energi Terbarukan Penting untuk SDGs

Mengapa Energi Terbarukan Penting untuk SDGs
sumber: pixabay

Mengapa energi terbarukan penting untuk SDGs? Sederhananya, energi ini dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan ketersediaan energi dunia.  Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya energi baru dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Apa itu Energi Terbarukan?

Energi ini adalah sumber energi yang dihasilkan dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak terbatas. Beberapa contoh energi baru adalah energi surya, energi angin, energi hidro, energi geotermal, dan energi biomassa. Energi ini tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca dan tidak menghasilkan limbah berbahaya seperti energi fosil.

Mengapa Energi Terbarukan Penting untuk SDGs?

Energi ini memainkan peran penting dalam mencapai SDGs. Berikut adalah beberapa alasan mengapa energi baru penting untuk SDGs:

1,Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Pemanfaatan energi fosil telah menyebabkan peningkatan emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim dan dampak buruknya. Dengan memanfaatkan energi baru terbarukan, kita dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

2.Meningkatkan Ketersediaan Energi

Energi baru ini dapat memenuhi kebutuhan energi dunia yang semakin meningkat. Sumber energi baru tidak terbatas dan dapat diakses oleh hampir seluruh wilayah di dunia. Selain itu, teknologi energi baru juga semakin berkembang dan semakin efisien, sehingga dapat diakses dengan biaya yang lebih terjangkau.

3.Meningkatkan Ketahanan Energi

Energi ini dapat meningkatkan ketahanan energi negara. Dengan memanfaatkan sumber energi baru yang ada di wilayahnya, sebuah negara dapat mengurangi ketergantungan pada sumber energi impor.

4.Mendorong Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan

Pengembangan ini dapat memberikan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Penerapan energi baru juga dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan kemandirian ekonomi lokal. Selain itu, biaya investasi dan pemeliharaan teknologi energi baru cenderung lebih terjangkau dan stabil dibandingkan dengan energi fosil yang fluktuatif.

5.Mengurangi Ketimpangan Sosial

Energi ini juga dapat membantu mengurangi ketimpangan sosial. Dengan memanfaatkan sumber energi baru yang ada di wilayahnya, sebuah negara dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap energi yang terjangkau dan dapat mengurangi kesenjangan energi antara wilayah perkotaan dan pedesaan.

Bagaimana Penerapan Energi Terbarukan Dapat Membantu SDGs?

Penerapan energi ini dapat membantu mencapai beberapa target SDGs, di antaranya:

1.SDG 7: Energi Bersih dan Terjangkau

Penerapan energi terbarukan dapat membantu mencapai target SDG 7 yaitu akses terhadap energi yang bersih, terjangkau, dan dapat diandalkan. Dengan memanfaatkan energi terbarukan, kita dapat meningkatkan akses terhadap energi di wilayah yang sulit dijangkau dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

2.SDG 13: Tindakan untuk Mengatasi Perubahan Iklim

Pemanfaatan energi terbarukan dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung upaya mitigasi perubahan iklim. Hal ini dapat membantu mencapai target SDG 13 yaitu mengurangi dampak perubahan iklim dan meningkatkan kapasitas adaptasi terhadap dampaknya.

3.SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur

Pengembangan energi terbarukan juga dapat membantu mencapai target SDG 9 yaitu pengembangan industri, inovasi, dan infrastruktur yang berkelanjutan. Dengan mengembangkan teknologi energi terbarukan, kita dapat menciptakan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan meningkatkan kemandirian ekonomi lokal.

Penutup

Pemanfaatan energi terbarukan dapat membantu mengurangi dampak perubahan iklim, meningkatkan akses terhadap energi yang bersih dan terjangkau, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan demikian, penerapan energi terbarukan merupakan upaya penting yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia. Ayo beralih ke energi baru.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 84 = 86