Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap

Langkah Demi Langkah: Menghitung Berapa Harga Panel Surya yang Anda Butuhkan

Langkah Demi Langkah: Menghitung Berapa Harga Panel Surya yang Anda Butuhkan
Sumber : Dok. Pribadi

Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan panel surya untuk menghasilkan listrik rumah tangga Anda sendiri? Jika ya, pertanyaan pertama yang mungkin muncul adalah, “Berapa harga panel surya yang saya butuhkan?” Artikel ini akan memberi Anda panduan langkah demi langkah untuk menghitung berapa banyak panel surya yang diperlukan dan faktor-faktor yang memengaruhi harga.

Tahap 1: Menilai Kebutuhan Energi Anda

Hitung Konsumsi Energi Bulanan

Langkah pertama adalah memahami seberapa banyak energi yang Anda konsumsi setiap bulan. Lihat tagihan listrik Anda atau hubungi penyedia energi Anda untuk mendapatkan informasi ini.

Pertimbangkan Konsumsi Energi Tertinggi

Identifikasi perangkat atau kegiatan yang mengonsumsi energi paling banyak di rumah Anda. Ini dapat mencakup pendingin udara, pemanas air, atau peralatan listrik besar lainnya.

Tahap 2: Penentuan Kapasitas Panel Surya yang Dibutuhkan

Hitung Kebutuhan Harian

Bagi konsumsi energi bulanan Anda dengan jumlah hari dalam sebulan untuk mendapatkan perkiraan kebutuhan energi harian Anda.

Faktor Kehilangan Energi

Ingatlah bahwa panel surya tidak selalu menghasilkan energi pada kapasitas penuh sepanjang waktu. Anda perlu mempertimbangkan faktor kehilangan energi akibat cuaca, orientasi panel, dan lain-lain.

Tentukan Kapasitas Panel

Dalam langkah ini, konsultasikan dengan seorang profesional panel surya yang dapat membantu Anda menentukan kapasitas panel yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi Anda. Mereka akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi geografis dan orientasi panel.

Baca Juga : Cara Membaca Kapasitas Panel Tenaga Surya: Panduan Lengkap

Tahap 3: Menghitung Harga Panel Surya

Hitung Harga per Watt

Harga panel surya umumnya diukur dalam harga per watt. Harga ini dapat bervariasi tergantung pada merek, kualitas, dan kapasitas panel. Cari tahu harga per watt panel surya yang Anda inginkan.

Menghitung Total Harga

Untuk menghitung total harga panel surya yang Anda butuhkan, kalikan kapasitas panel yang Anda tentukan dengan harga per watt. Jangan lupa untuk memasukkan biaya instalasi dan peralatan tambahan seperti inverter dan baterai jika diperlukan.

Penutup

Menghitung berapa harga panel surya yang Anda butuhkan adalah langkah penting dalam memulai perjalanan menuju energi terbarukan. Dengan memahami konsumsi energi Anda, menentukan kapasitas yang dibutuhkan, dan menghitung harga dengan cermat, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk rumah tangga Anda. Dengan panel surya, Anda dapat menghemat uang dalam jangka panjang sambil berkontribusi pada perlindungan lingkungan. Jika Anda ingin ikut merasakan manfaat energi surya. Tidak perlu cemas, karena Atonergi sebagai perusahaan distribusi dan jasa pemasangan energi surya siap dalam memenuhi keinginan anda untuk mendapatkan manfaat dari energi surya yang terbaik. Segera kunjungi website kami di www.atonergi.com atau kontak sales dan media sosial kami di bawah ini untuk konsultasi lebih lanjut.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato: 0812-3460-5879
Denis: 0813-5735-0979
Tyas: 0821-4302-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok: Atonergi
Tokopedia: Atonergi
Shopee: Atonergi

Penulis: Hedgehog

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 83 − 77 =