sumber energi listrik alternatif

Keuntungan Menggunakan Energi Alternatif

Halo Sobat Aton! Ada yang sudah tahu belum kalau baru-baru ini Indonesia telah membuat terobosan dengan merilis purwarupa PLTS apung laut pertamanya. Langkah ini diikuti setelah baru-baru ini kita juga meresmikan PLTS apung di danau Cirata. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia semakin serius dalam menghadapi tantangan energi terbarukan, mengingat potensi sumber daya alam yang melimpah di wilayah kepulauan kita. Lalu, apa yang dimaksud energi alternatif itu? Dan apa keuntungan menggunakan energi alternatif? Daripada penasaran, yuk simak selengkapnya!

Apa Itu Energi Alternatif?

Energi alternatif itu sebenarnya sumber tenaga dari alam yang bisa terus diisi ulang, tidak akan habis, seperti energi dari matahari, angin, atau air. Berbeda dengan energi fosil sering kita gunakan untuk kendaraan atau listrik lampu rumah, energi fosik terbatas dan bikin bumi panas.

4 Keuntungan Penggunaan Energi Alternatif

1. Mengurangi Ketergantungan pada Bahan Bakar Fosil

Salah satu keuntungan energi alternatif adalah kita jadi tidak terlalu tergantung dengan bensin dan minyak. Dengan lebih banyak pakai energi alternatif, kita bisa menghindari krisis energi dan naik turunnya harga minyak.

2. Ramah Lingkungan

Kedua, keuntungan dari energi alternatif adalah ramah lingkungan banget. Soalnya, tidak mengeluarkan gas rumah kaca yang bikin bumi panas. Energi seperti dari matahari dan angin tidak mengeluarkan gas CO2 seperti hasil pembakaran pada kendaraan, dan gas CO2 ini yang bikin panas bumi, jadi bisa mengurangi perubahan iklim. Karena itu energi alternatif bisa dibilang energi bersih.

3. Meminimalkan Dampak Eksploitasi Sumber Daya Alam

Ketiga, keuntungan energi alternatif adalah kita juga bisa hindarin dampak buruk dari pengeboran minyak dan gas yang bisa rusak lingkungan alam, loh.

4. Sumber Energi Tak Terbatas dan Tidak Terbatas

Selain itu, keuntungan penggunaan energi alternatif sendiri adalah energi alternatif juga tidak akan habis. Contohnya seperti energi dari matahari, angin, atau air. Misalnya pakai energi dari matahari, dari sinar matahari jadi listrik, karena matahari akan selalu ada jadi tidak perlu takut kehabisan listrik.

Contoh Penggunaan Energi Alternatif Di Indonesia

Energi alternatif, termasuk energi matahari, memiliki potensi besar untuk digunakan secara luas. Di negara tropis seperti Indonesia, sinar matahari yang melimpah memberikan keuntungan ekstra dalam pemanfaatannya. Contohnya adalah panel surya yang dapat mengubah energi matahari menjadi listrik untuk berbagai kebutuhan, baik rumah tangga maupun industri.

Dalam kasus nyata di Indonesia sendiri, daerah seperti pulau bali telah menerapkan panel surya sebagai energi alternatif, dengan panel surya yang dipasang di hotel dan resor, bisa memanaskan air dan menghasilkan listrik, tentunya hal ini sangat menghemat tagihan listrik pagi pemilik penginapan.

Tantangan dalam Mengadopsi Energi Alternatif di Indonesia

Walaupun keuntungan energi alternatif sangat banyak dan menjadi fokus utama dalam upaya mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan, Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan dalam mengadopsinya secara luas.

Infrastruktur yang Terbatas

Salah satu kendala utama adalah infrastruktur yang belum memadai. Dibutuhkan investasi besar untuk membangun infrastruktur yang mendukung pengembangan energi alternatif secara luas. Meskipun telah ada upaya untuk memperluas jaringan pembangkit listrik tenaga surya dan angin, namun masih banyak daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh infrastruktur tersebut.

Masih Adanya Subsidi Bahan Bakar Fosil

Subsidi bahan bakar fosil masih menjadi kendala dalam mengadopsi energi alternatif di Indonesia. Meskipun energi alternatif memiliki potensi besar untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, subsidi yang masih diberikan kepada bahan bakar fosil membuatnya sulit untuk bersaing secara ekonomis.

Kebutuhan Kebijakan yang Tegas dan Konsisten

Selain itu, masih terdapat hambatan dalam hal regulasi dan kebijakan yang mendukung pengembangan energi alternatif. Seperti perijinan mengganti meteran listrik ketika memasang PLTS on-grid.

Baca juga : 9 Kelebihan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)

Kesimpulan

Energi alternatif merupakan pilihan yang penting dalam mendukung masa depan yang berkelanjutan. Dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengadopsi sumber energi yang bersih dan terbarukan, kita dapat melindungi lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup generasi mendatang.

Baca Juga : Harga Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Katalog Harga Promo

 

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

Minato0812-3460-5879
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi
Tiktok: Atonergi
Tokopedia: Atonergi
Shopee: Atonergi

Disclaimer : Artikel diatas adalah artikel SEO dan ditulis oleh penulis lepas sebagai sumber informasi umum. ATONERGI tidak memberikan jaminan atas keakuratan, kecukupan, atau keandalan informasi yang terkandung dalam artikel ini. Bila ada informasi yang tidak tepat mohon memberikan info ke : GRADIN Digital Agency

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 9 + 1 =