kenapa tagihan listrik naik drastis

Kenapa Tagihan Listrik Naik Drastis Saat Masa Libur Sekolah? Ini 2 Penyebab Utamanya

Libur sekolah menjadi waktu menyenangkan bagi para siswa. Biasanya para siswa menghabiskan waktu hanya di rumah atau berpergian bersama keluarganya. Namun, pada umumnya banyak anak sekolah hanya menghabiskan waktu di rumah karena keterbatasan waktu para orang tua untuk berlibur.

Masalah muncul ketika si anak hanya menghabiskan waktu seharian di rumah. Rata-rata kegiatan anak jaman sekarang saat di rumah adalah menonton tv dan bermain gadget seharian untuk menghabiskan waktu liburan.

Karena kegiatan tidak produktif itulah yang akan menimbulkan permasalahan tagihan listrik bisa naik secara drastis. Tetapi tidak perlu khawatir, karena di artikel kali ini akan membahas secara detail penyebab Kenapa Tagihan Listrik Naik Drastis Saat Masa Libur Sekolah? Simak Penjelasannya!

Baca Juga : Apa Manfaat Menghemat Energi Listrik? Berikut Alasannya

Apa yang Bikin Tagihan Listrik Naik Secara Umum?

1. Kenaikan Harga Bahan Bakar

Tidak dirahasiakan lagi bahwa di Indonesia, listrik berasal dari pembakaran sumber daya alam fosil seperti minyak dan batu bara. Sumber daya alam ini tidak dapat diperbaharui dan jika terus dimanfaatkan, akan habis tanpa sisa. Dengan kelangkaannya yang semakin terasa, harga sumber daya ini terus meningkat, menyebabkan biaya produksi listrik menjadi lebih mahal. Dampaknya terasa pada pelanggan yang harus membayar tagihan listrik yang semakin tinggi.

2. Peningkatan Konsumsi Energi

Dengan berkembangnya teknologi dan meningkatnya ketergantungan pada perangkat listrik, kebutuhan energi masyarakat pun semakin meningkat.

A. Kebiasaan Baru, Konsumsi Energi Makin Ngebut!

Banyak kebiasaan baru kita yang bergantung dengan listrik, mulai dari nonton streaming sampe main game online, lalu kebiasaan disaat musim tertentu seperti dimusim kemarau kita bergantung dengan kipas angin atau ac untuk mendinginkan kamar kita sehingga tetap dingin, atau dimusim penghujan kita menyalakan heater untuk tetap hangat. Semua barang-barang yang kita pakai mengkonsumsi energi listrik. Jadi, tagihan listriknya ikutan naik juga!

B. Membiarkan Peralatan Tetap Terhubung

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah meninggalkan peralatan listrik yang tidak digunakan tetap terhubung ke stop kontak. Tanpa disadari, tindakan ini membuat peralatan tersebut tetap dalam mode siaga, sehingga masih mengonsumsi daya meskipun tidak digunakan agar dapat dihidupkan kembali dengan cepat.

3. Perubahan Tarif Listrik

Kebijakan tarif listrik yang berubah-ubah juga dapat berdampak pada kenaikan tagihan listrik. Perubahan dalam struktur tarif atau penyesuaian harga oleh penyedia listrik dapat menyebabkan fluktuasi dalam tagihan bulanan. Ada beberapa alasan kenapa perubahan tarif listrik terjadi.

A. Biaya Pemeliharaan Infrastruktur

Salah satu alasan utama di balik perubahan tarif listrik adalah biaya pemeliharaan infrastruktur. Sistem distribusi listrik memerlukan perawatan teratur agar tetap beroperasi secara efisien dan aman. Biaya untuk memperbaiki atau memperbarui jaringan listrik, transformator, kabel, dan peralatan lainnya dapat menjadi faktor utama dalam menentukan tarif listrik.

B. Mencabut Subsidi

Mencabut subsidi juga merupakan salah satu alasan yang sering kali mendorong perubahan tarif listrik. Subsidi listrik adalah praktik di mana pemerintah memberikan bantuan keuangan kepada konsumen untuk menutupi sebagian dari biaya listrik yang sebenarnya. Namun, subsidi ini seringkali tidak dapat dipertahankan dalam jangka panjang karena membebani anggaran pemerintah atau menyebabkan ketidakseimbangan dalam pasar energi.

Ini 2 Penyebab Utama yang Bisa Bikin Tagihan Listrik Rumah Naik Saat Libur Sekolah

Perlu dipahami bahwa kegiatan anak sekarang sangat mengandalkan listrik sebagai sumber energi utama. Setidaknya inilah tiga penyebab utama kenapa bisa tagihan listrik rumah naik secara drastis saat libur sekolah :

1. Penggunaan Elektronik Meningkat

Saat masa libur sekolah tiba, hampir 24 jam waktu yang digunakan si anak pasti di rumah. Apalagi kegiatan anak sekarang mengandalkan listrik sebagai sarana mereka menghabiskan waktu liburan. Dari menonton televisi sampai penggunaan gadget seperti handphone dan laptop. Selain itu, alat-alat seperti AC, kipas angin, dan lampu juga lebih sering dinyalakan karena rumah lebih banyak dihuni sepanjang hari.

2. Aktivitas di Rumah Meningkat

Yang biasanya di pagi sampai sore hari, anak berada di sekolah namun ketika libur sekolah tiba si anak akan kebanyakan di rumah tentunya dari pagi sampai malam akan ada peningkatan aktivitas pada waktu-waktu tersebut. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab utama kenapa bisa tagihan listrik naik secara drastis saat libur sekolah tiba.

Tips Singkat Menghemat Listrik Saat Libur Sekolah Tiba

1. Mematikan Alat Elektronik yang Tidak Digunakan

Pada umumnya si anak tidak akan mengetahui tentang tagihan listrik. Jadi, mereka hanya menyalakan semua alat elektronik walaupun tidak memakainya. Contoh seperti si anak hanya bermain HP tetapi Televisi dibiarkan menyala juga.
Maka dari itu, Perlu adanya edukasi ke anak untuk meminimalisir penggunaan alat elektronik yang tidak dibutuhkan.

2. Efisiensi Penggunaan Perangkat Elektronik

Jika memang alat elektronik harus digunakan, berarti perlu dibatasi dalam penggunaan alat elektroniknya.

3. Gunakan Perangkat Hemat Energi

Manfaatkan perangkat-perangkat rumah tangga yang memiliki label hemat energi untuk mengurangi konsumsi listrik. Contoh seperti Smart Plug yang bisa membantu mengontrol on/offnya elektronik dari handphone saja.

4. Manfaatkan Energi Terbarukan dengan PLTS Atap

Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang PLTS Atap, pada intinya adalah memanfaatkan tenaga surya yang mengubah energi tersebut ke pasokan energi listrik dengan memanfaatkan panel surya sebagai medianya.

Karena banyak orang yang sudah merasakan manfaatnya dan tempat tinggal mereka bisa hemat ratusan ribu hingga jutaan rupiah hanya dengan pasang panel surya atau PLTS Atap di rumahnya.

Banner Paket Panel Surya untuk Rumah

Kesimpulan

Kenapa Tagihan Listrik bisa Naik Dratis saat musim liburan sekolah tiba? Karena memang aktivitas yang terjadi di rumah meningkat terutama penggunaan alat elektronik. Si anak yang banyak menghabiskan waktunya dengan menggunakan perangkat elektronik seperti televisi, HP sampai komputer yang biasanya hanya digunakan saat malam hari. Mulai ajari si anak untuk bijak dalam penggunaan alat elektronik selama liburan. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan alat-alat yang hemat energi seperti penggunaan smart plug dan lain-lain.

Baca Juga : 7 Tips Hemat Listrik Sehari-hari dengan Tenaga Surya

ATONERGI : SOLUSI PENYEDIA ENERGI TERBARUKAN

Sebagai perusahaan yang mendukung penghematan energi, maka Kami menawarkan solusi kepada Anda terkait penggunaan pembangkit listrik tenaga surya. Ada banyak Paket PLTS untuk Rumah yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Sobat Aton, apabila anda tertarik untuk memasang PLTS Atap yang Terpercaya bisa hubungi tim Atonergi disini ya, Gratis konsultasi kok! Dapatkan Diskon hingga 50% dan Gratis Pemasangan.

By : yee snowy

auth by : Faris Fakhruddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 2 = 4