Tips Hemat Listrik

10+ Tips Hemat Listrik Rumah yang Bisa Kamu Lakuin

Kemajuan teknologi membuat hampir semua peralatan sekarang memanfaatkan listrik sebagai sumber tenaganya. Hal tersebut membuat konsumsi listrik semakin tinggi. Ketergantungan orang pada penggunaan listrik ini berdampak pada tagihan listrik yang tinggi.

Untuk mencegah pemborosan dalam penggunaan listrik secara terus menerus, Sobat aton jangan khawatir, karena dalam artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang 10+ tips hemat listrik Rumah yang bisa kamu lakuin.

Tips Hemat Listrik

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar dapat menghemat biaya listrik, diantaranya :

1. Lebih Bijak dalam Penggunaan AC

Sobat aton, coba ngaku siapa yang 24 jam menyalakan AC? Kalau sobat aton kurang bijak dalam penggunaan AC di rumahnya sudah pasti hal tersebut adalah yang bikin tagihan listrik rumah kamu melonjak.

Sebaiknya lebih bijak lagi dalam menggunakan AC ya. Contoh, AC hanya digunakan ketika hanya mau tidur saja.

2. Ganti ke Lampu LED

Sobat Aton, coba dilihat apakah di rumahnya mayoritas pencahayaan masih menggunakan lampu bohlam? Bisa jadi ini yang membuat tagihan listrik rumah kamu mahal.

Sobat aton perlu mengganti pencahayaan rumah ke lampu LED. Walaupun lebih mahal harganya, tetapi lampu LED bisa mengkonsumsi daya listrik lebih efektif dan efisien daripada lampu bohlam. Selain itu, lampu LED juga lebih tahan lama.

3. Gunakan Lampu Secukupnya

Inilah pentingnya memiliki rumah yang punya pencahayaan yang bagus terutama pada pagi dan siang hari. Mengurangi penggunaan lampu secara bijak terutama pada pagi dan siang hari akan membantu menghemat tagihan listrik dari sobat aton.

4. Cabut Kabel Elektronik Jika Sudah Tidak Digunakan

Sobat aton, siapa yang sering lupa cabut kabel peralatan elektronik kalau sudah tidak dipakai? Ternyata kabel peralatan elektronik yang sobat aton tidak cabut itu tetap mengkonsumsi daya listrik. Jadi baiknya, sesudah menggunakan peralatan elektroniknya jangan lupa mencabut kabelnya setelahnya.

5. Atur Penggunaan Peralatan Elektronik dengan Bijak

Sobat Aton, mulai atur penggunaan alat elektronik di rumah secara bijak. Atur Suhu AC dan Kulkas ketika digunakan, atur suhu rendah agar bisa menghemat sekaligus membuat alat elektroniknya lebih awet. Selain itu, seperti penggunaan Televisi harus dimatikan jika tidak secara aktif dilihat.

6. Hemat dalam Penggunaan Air

Apa hubungannya air sama konsumsi listrik? Jika di rumah kalian menggunakan pompa air dan water heater hal tersebut akan berhubungan. Karena daya listrik dari pompa air dan water heater sangat tinggi. Jadi, sobat aton harus mulai bijak dalam menggunakan air dalam rumahnya

7. Matikan Dispenser

Sobat aton, jika dirasa memang tidak begitu perlu menggunakan dispenser alat tersebut bisa dimatikan saja. Lebih baik menggunakan kulkas jika membutuhkan air dingin dan memasak air jika membutuhkan air hangat maupun panas untuk bisa menghemat listrik.

8. Mengurangi Penggunaan Mesin Cuci

Salah satu cara hemat listrik yang efektif adalah dengan mengurangi penggunaan mesin cuci.

Mesin cuci juga termasuk peralatan elektronik yang memakan daya listrik besar. Oleh sebab itu, Sobat Aton bisa menggunakan mesin cuci dengan frekuensi cukup sekitar dua kali seminggu saja.

Apabila Sobat Aton memiliki waktu luang, maka cucilah pakaian dengan tangan untuk menghemat pengeluaran listrik.

9. Gunakan Perangkat yang Hemat Daya atau Low Watt

Banyak peralatan elektronik saat ini yang sudah memiliki fitur khusus untuk menghemat penggunaan listrik, seperti pada AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya.

Biasanya akan ada keterangan yang dapat memudahkan kamu mencari alat elektronik mana yang memiliki watt kecil atau low watt.

10. Gunakan kipas angin

Kipas angin membutuhkan daya listrik yang lebih sedikit dibandingkan AC, sehingga dapat menjadi salah satu solusi jika merasa panas di suatu ruangan, tetapi ingin tetap menghemat listrik.

11. Keringkan Pakaian Secara Alami

Kamu dapat mempertimbangkan cara ini untuk dapat lebih menghemat listrik. Walaupun mesin cuci saat ini kebanyakan sudah memiliki fitur pengeringnya sendiri, akan lebih baik jika tidak selalu menggunakannya agar dapat mengurangi konsumsi listrik. Kamu dapat memilih alternatif lain, yaitu dengan menjemur baju di bawah sinar matahari.

12. Gunakan Laptop daripada Komputer

Bagi sebagian orang, menggunakan PC akan lebih baik dan leluasa karena mampu menampung data yang besar. Akan tetapi, CPU pada PC dapat menyedot listrik dalam jumlah yang lebih banyak. PC membutuhkan daya listrik lebih dari 400 watt, sedangkan laptop hanya kisaran 25 watt

Dengan begitu, lebih baik untuk beralih ke laptop yang tentunya juga memiliki banyak keunggulan, seperti lebih hemat listrik, mudah membawanya kemana-mana, dan lain-lain.

13. Menggunakan Energi Surya dengan PLTS Atap

Ini adalah salah satu solusi bagi kalian yang ingin menghemat tagihan listrik. Mulai banyak orang mempertimbangkan untuk memanfaatkan energi terbarukan.

Salah satu hal yang bisa digunakan di rumah adalah dengan memasang PLTS Atap. Dengan memasang PLTS atap sudah terbukti bisa menurunkan tagihan listrik sampai 80%.

PLTS Atap dengan skema hybrid off grid ini adalah bentuk investasi jangka panjang yang tepat jika anda ingin menurunkan tagihan listrik secara drastis di rumah anda.

Jika sobat aton memerlukan vendor yang tepat untuk memasang PLTS atap di rumah kalian, Atonergi bisa memberikan garansi dan kualitas terbaik untuk rumah anda bisa merasakan manfaat dari PLTS atap.

Banner Paket Panel Surya untuk Rumah

Kesimpulan

Menghemat biaya listrik di rumah dapat dilakukan dengan beberapa langkah praktis dan perubahan kebiasaan. Penggunaan AC sebaiknya lebih bijak, seperti hanya menyalakannya saat tidur. Beralih ke lampu LED yang lebih efisien dan tahan lama juga dapat mengurangi konsumsi listrik. Menggunakan perangkat elektronik secara bijak, seperti mengatur suhu AC dan kulkas, mematikan televisi jika tidak ditonton, serta mencabut kabel peralatan elektronik setelah digunakan, sangat efektif. Mengurangi frekuensi penggunaan mesin cuci dan memanfaatkan kipas angin sebagai alternatif AC juga dapat membantu. Selain itu, mempertimbangkan pemasangan PLTS Atap sebagai sumber energi terbarukan dapat menjadi investasi jangka panjang yang signifikan dalam mengurangi tagihan listrik.

Memanfaatkan pencahayaan alami, menggunakan laptop yang lebih hemat daya dibandingkan komputer, dan mengeringkan pakaian secara alami adalah langkah tambahan yang bisa dilakukan. Bijak dalam penggunaan dispenser dan pompa air, serta menggunakan perangkat dengan fitur hemat daya juga akan berkontribusi dalam penghematan listrik. Dengan menerapkan berbagai tips ini, tagihan listrik rumah dapat ditekan secara signifikan, meningkatkan efisiensi penggunaan energi, dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih sehat.

ATONERGI : SOLUSI PENYEDIA ENERGI TERBARUKAN

Sebagai perusahaan yang mendukung penghematan energi, maka Kami menawarkan solusi kepada Anda terkait penggunaan pembangkit listrik tenaga surya. Ada banyak Paket PLTS untuk Rumah yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.————

Semoga informasi di atas bisa membantu ya! Sobat Aton, jangan lupa cek artikel menarik lainnya seputar plts, pats dan energi terbarukan di Blog Atonergi

By: Yee Atonergi

Auth by : Faris Fakhruddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 × 1 =