Jenis-jenis Pompa Air Tenaga Surya yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis Pompa Air Tenaga Surya yang Perlu Anda Ketahui

 Jenis-jenis Pompa Air Tenaga Surya yang Perlu Anda Ketahui
sumber: pixabay

Dengan banyaknya jenis pompa air tenaga surya yang tersedia di pasaran, mungkin sulit untuk menentukan jenis apa yang tepat untuk kebutuhan Anda. Untuk itu, artikel ini akan membahas jenis-jenis pompa air tenaga surya yang perlu Anda ketahui sebelum membeli atau memasangnya di rumah Anda.

Jenis PATS yang Perlu Anda Ketahui

1.Pompa Air Tenaga Surya Sistem Langsung

Pompa air tenaga surya sistem langsung, atau DC (Direct Current), merupakan jenis pompa yang paling umum digunakan. Pompa ini mengubah energi matahari langsung menjadi energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor pompa air. 

Sistem ini terdiri dari panel surya, regulator daya, motor pompa, dan kadang-kadang baterai untuk menyimpan energi yang dihasilkan pada siang hari untuk digunakan pada malam hari atau saat cuaca buruk.

Kelebihan dari pompa air tenaga surya sistem langsung adalah lebih mudah dipasang dan memerlukan perawatan yang sedikit. Namun, kelemahannya adalah tidak efisien jika digunakan untuk mengalirkan air dalam jumlah besar atau pada jarak yang jauh.

2.Pompa Air Tenaga Surya Sistem Tertutup

PATS sistem tertutup merupakan salah satu jenis pompa yang menggunakan motor listrik dan inverter untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor pompa air. Sistem ini juga yang memiliki keunggulan dalam mengalirkan air dalam jumlah besar atau pada jarak yang jauh, sehingga cocok digunakan untuk irigasi pertanian atau pengairan tanaman di kebun.

Namun, PATS sistem tertutup memerlukan instalasi yang lebih kompleks dan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem langsung. Perawatannya juga lebih rumit karena harus memeriksa motor listrik dan inverter secara teratur.

3.Pompa Air Tenaga Surya Sistem Hybrid

Pompa air tenaga surya ini merupakan kombinasi dari sistem langsung dan sistem tertutup.

PATS ini juga menggunakan solar panel untuk mengalirkan air, tetapi juga dilengkapi dengan generator listrik bertenaga bahan bakar untuk menjaga suplai listrik yang stabil pada saat cuaca buruk atau saat panel surya tidak menghasilkan energi yang cukup.

Namun, kelemahannya adalah biaya instalasi dan perawatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem langsung.

4.Pompa Air Tenaga Surya dengan Teknologi MPPT

Pompa air tenaga surya dengan teknologi Maximum Power Point Tracking (MPPT) merupakan jenis pompa yang menggunakan teknologi terbaru untuk mengoptimalkan kinerja panel surya dan menghasilkan energi listrik yang lebih efisien. 

MPPT dapat mengatur keluaran daya panel surya secara otomatis sesuai dengan kondisi cuaca, sehingga dapat menghasilkan energi listrik yang lebih optimal pada saat terbaik.

Kelebihan dari pompa air tenaga surya dengan teknologi MPPT adalah dapat menghasilkan energi listrik yang lebih efisien dan mengurangi kerusakan pada panel surya. Namun, kelemahannya adalah biaya instalasi dan perawatan yang lebih tinggi.

5.Pompa Air Tenaga Surya dengan Sistem Tracker

Pompa air tenaga surya dengan sistem tracker adalah jenis pompa yang menggunakan sistem pelacakan matahari untuk mengoptimalkan kinerja panel surya. Tracker dapat mengikuti pergerakan matahari dan menempatkan panel surya pada sudut yang optimal untuk menghasilkan energi listrik yang lebih efisien.

Kelebihan pompa ini dapat menghasilkan energi listrik yang lebih efisien dan mengurangi kerusakan pada panel surya. Namun, kelemahannya adalah biaya instalasi dan perawatan yang lebih tinggi, serta memerlukan ruang yang lebih besar untuk memasang sistem tracker.

Penutup

Jadi, itu dia Jenis-jenis Pompa Air Tenaga Surya yang Perlu Anda Ketahui. Dengan pemilihan jenis pompa air tenaga surya yang tepat, Anda dapat menghemat biaya listrik dan memastikan pasokan air yang stabil dan efisien. Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu mengenai PATS, Hubungi Atonergi karena kami banyak memiliki pengalaman dan sudah terpercaya.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 63 − 59 =