Jenis-jenis Pompa Air Tenaga Surya untuk Rumah Tangga

Sumber: canva

Jenis-jenis pompa air tenaga surya untuk rumah tangga menjadi solusi yang semakin populer untuk mengalirkan air tanpa menghabiskan banyak energi listrik. PATS menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energinya, sehingga menjadi alternatif yang hemat biaya dan ramah lingkungan.

Jenis-Jenis Pompa Air Tenaga Surya

Berikut adalah jenis-jenis PATS yang cocok untuk rumah tangga.

1. Pompa Air Tenaga Surya Submersible

Umumnya pompa jenis ini diletakkan di dalam sumur. Pompa ini sangat cocok untuk digunakan pada kedalaman air yang lebih dalam. PATS submersible juga dapat digunakan untuk mengalirkan air ke kolam atau tangki air di atas permukaan tanah.

Kelebihan PATS submersible adalah daya tahan yang tinggi, karena pompa tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, juga lebih efisien dalam mengalirkan air.

2. Pompa Air Tenaga Surya Permukaan

Jenis pompa ini diletakkan di atas permukaan tanah. Pompa ini cocok untuk mengalirkan air dari sumber air yang dangkal, seperti sungai atau sumur dangkal.

Kelebihan PATS permukaan adalah mudah dalam perawatan dan pemeliharaan, karena posisinya yang tidak terlalu dalam.

3. Pompa Air Tenaga Surya Hybrid

Jenis pompa ini menggunakan tenaga surya dan listrik PLN. Pompa ini cocok digunakan di daerah yang cenderung kurang sinar matahari, atau untuk mengalirkan air pada malam hari. Kelebihan PATS hybrid adalah dapat digunakan sepanjang waktu, meskipun sinar matahari tidak cukup. 

4. Pompa Air Tenaga Surya Portable

Jenis pompa ini dapat dibawa dan dipindah-pindahkan, cocok digunakan di daerah yang sulit dijangkau atau daerah terpencil. Pompa ini biasanya dilengkapi dengan panel surya portabel dan dapat dioperasikan dengan baterai atau langsung dengan tenaga matahari.

Kelebihan PATS portable adalah mudah dibawa dan dipindah-pindahkan, sehingga dapat digunakan di tempat yang sulit dijangkau oleh pompa air lainnya. 

Penutup

PATS merupakan alternatif yang sangat baik untuk pompa air listrik pada umumnya. Selain hemat energi, juga ramah lingkungan dan mudah dalam perawatan dan pemeliharaan. Jenis-jenis pompa air tenaga surya yang beragam. Oleh karena itu konsultasikan dengan Atonergi untuk memilih PATS yang tepat!

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha × 7 = 70