Jenis-jenis PJU TS dan Kegunaannya

Jenis-Jenis PJU TS dan Kegunaannya

Jenis-jenis PJU TS dan Kegunaannya
sumber: pixabay

Jenis-jenis PJU TS dan Kegunaannya (solar-powered street lights) adalah salah satu inovasi yang mampu mengurangi penggunaan energi fosil dan memberikan alternatif yang ramah lingkungan. Lampu jalan tenaga surya merupakan salah satu jenis PJU TS yang semakin populer di Indonesia. Dengan adanya peningkatan teknologi, lampu jalan tenaga surya kini semakin efisien dan terjangkau.

Apa itu PJU TS?

PJU TS atau solar-powered street lights adalah lampu jalan yang menggunakan energi matahari sebagai sumber listriknya. PJU TS terdiri dari beberapa komponen seperti panel surya, baterai, kontroler, dan lampu. Panel surya akan menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik yang akan disimpan ke dalam baterai. Selanjutnya, kontroler akan mengatur penggunaan listrik yang disimpan di dalam baterai untuk menyalakan lampu pada malam hari.

Jenis-jenis PJU TS

1. Lampu Jalan Tenaga Surya All-in-One

Lampu Jalan Tenaga Surya All-in-One merupakan jenis PJU TS yang paling mudah dipasang karena semua komponen yang dibutuhkan sudah terintegrasi dalam satu unit. PJU TS jenis ini terdiri dari panel surya, baterai, kontroler, dan lampu yang telah dipasang pada sebuah tiang. Keuntungan dari Lampu Jalan Tenaga Surya All-in-One adalah penghematan waktu dan biaya karena tidak perlu melakukan instalasi terpisah untuk setiap komponen.

2. Lampu Jalan Tenaga Surya Terpisah

Lampu Jalan Tenaga Surya Terpisah adalah jenis PJU TS yang terdiri dari beberapa komponen terpisah seperti panel surya, baterai, kontroler, dan lampu. Setiap komponen dipasang terpisah pada tiang yang berbeda. Keuntungan dari jenis PJU TS ini adalah fleksibilitas karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan.

3. Lampu Jalan Tenaga Surya Hybrid

Lampu Jalan Tenaga Surya Hybrid adalah jenis PJU TS yang menggabungkan penggunaan energi surya dan listrik grid. PJU TS ini memiliki panel surya yang berfungsi untuk menangkap energi matahari dan mengisi baterai, serta koneksi listrik grid untuk saat energi surya tidak mencukupi. Keuntungan dari jenis PJU TS ini adalah kestabilan dan konsistensi dalam penggunaan energi listrik.

4. Lampu Jalan Tenaga Surya Tanpa Tiang

Lampu Jalan Tenaga Surya Tanpa Tiang adalah jenis PJU TS yang tidak memerlukan tiang untuk dipasang karena lampu dapat dipasang pada dinding atau pohon. Jenis PJU TS ini sangat cocok untuk dipasang di area yang tidak memiliki akses ke tiang seperti taman atau area terbuka.

Kelebihan Lampu Jalan Tenaga Surya

1. Ramah Lingkungan

Lampu Jalan Tenaga Surya (PJU TS) merupakan solusi yang ramah lingkungan karena menggunakan energi dari matahari sebagai sumber daya listriknya. Dengan memanfaatkan energi matahari, penggunaan energi fosil dapat dikurangi dan emisi gas rumah kaca dapat ditekan.

2. Biaya Operasional Rendah

PJU TS memiliki biaya operasional yang rendah karena sumber daya listriknya berasal dari matahari yang gratis dan tidak memerlukan biaya perawatan khusus. Selain itu, lampu jalan jenis ini juga tidak memerlukan instalasi kabel listrik yang memakan biaya dan waktu.

3. Mudah Dipasang

PJU TS sangat mudah dipasang dan dapat ditempatkan di mana saja tanpa memerlukan infrastruktur khusus. PJU TS jenis all-in-one bahkan dapat langsung dipasang dengan mudah karena semua komponen yang dibutuhkan sudah terintegrasi dalam satu unit.

4. Tahan Lama

Lampu jalan tenaga surya dirancang untuk tahan lama dan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu, komponen PJU TS yang penting seperti panel surya dan baterai biasanya dilengkapi dengan garansi sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan masalah perbaikan dan penggantian.

Cara Memilih PJU TS yang Tepat

1. Pilih Jenis PJU TS yang Sesuai

Pilih jenis PJU TS yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan. Misalnya, jika area yang akan dipasangi lampu jalan tenaga surya memiliki akses listrik grid yang stabil, maka PJU TS jenis hybrid yang menggabungkan energi surya dan listrik grid dapat menjadi pilihan yang tepat.

2. Perhatikan Kualitas Komponen

Perhatikan kualitas komponen PJU TS yang akan digunakan. Pastikan panel surya, baterai, dan lampu yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan tahan lama agar tidak perlu sering melakukan perbaikan dan penggantian.

3. Perhitungkan Kebutuhan Energi

Perhitungkan kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh lampu jalan tenaga surya sesuai dengan kondisi lingkungan. Misalnya, jika area yang akan dipasangi lampu jalan cenderung memiliki cuaca yang kurang cerah, maka perlu memilih panel surya yang lebih besar agar bisa menangkap energi matahari yang cukup.

Penutup

Jenis-jenis PJU TS dan kegunaannya dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengurangi penggunaan energi fosil dan menekan emisi gas rumah kaca. PJU TS memiliki kelebihan seperti biaya operasional rendah, mudah dipasang, dan tahan lama. Jika anda ingin memasang PJU TS, Hubungi Teknisi Atonergi yang sudah berpengalaman dan terbaik dalam memasang PJU TS.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 6 × = 48