Daya dan Kapasitas Panel Surya: Apa yang Harus Anda Ketahui?

Daya dan Kapasitas Panel Surya: Apa yang Harus Anda Ketahui?

Daya dan Kapasitas Panel Surya: Apa yang Harus Anda Ketahui?
sumber: pixabay

Panel surya dapat membantu mengurangi tagihan listrik Anda dan juga membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Namun, sebelum memilih panel surya, penting untuk memahami tentang daya dan kapasitas panel surya.

Apa itu Daya dan Kapasitas Panel Surya?

Daya panel surya diukur dalam watt peak (Wp), yaitu daya maksimum yang dapat dihasilkan oleh panel surya dalam kondisi ideal. Sedangkan kapasitas solar panel diukur dalam kilowatt peak (kWp), yaitu jumlah daya maksimum yang dapat dihasilkan oleh solar panel dalam kondisi ideal. 

Jadi semakin besar daya dan kapasitas solar panel, semakin banyak listrik yang dapat dihasilkan.

Bagaimana Cara Menghitung Daya dan Kapasitas Panel Surya?

Cara menghitungnya tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, orientasi, dan kemiringan panel surya. Namun, secara umum, dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Daya panel surya = Luas panel surya x Efisiensi x Intensitas Cahaya Matahari

Kapasitas panel surya = Daya panel surya / 1000

Luas panel surya diukur dalam meter persegi (m2), sedangkan efisiensi panel surya adalah persentase energi matahari yang diubah menjadi energi listrik. Intensitas cahaya matahari diukur dalam kilowatt per meter persegi (kW/m2).

Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Panel Surya yang Tepat

1.Lokasi dan Orientasi

Panel surya harus ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Orientasi panel surya juga penting, karena panel surya yang menghadap ke arah selatan akan menerima sinar matahari yang lebih banyak.

2.Kapasitas

Pilih panel surya yang memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan listrik Anda. Pastikan juga kapasitas panel surya cukup besar untuk memenuhi kebutuhan listrik pada waktu tertentu.

3.Efisiensi

Panel surya dengan efisiensi tinggi dapat menghasilkan lebih banyak listrik, sehingga mengurangi ketergantungan pada sumber listrik lainnya. Namun, panel surya dengan efisiensi tinggi biasanya lebih mahal.

4.Biaya

Perhatikan juga biaya panel surya, termasuk biaya instalasi dan biaya pemeliharaan. Pastikan bahwa panel surya yang Anda pilih memiliki harga yang sesuai dengan anggaran Anda.

5.Garansi

Pastikan bahwa panel surya yang Anda pilih dilengkapi dengan garansi yang memadai, sehingga Anda dapat memperoleh bantuan jika terjadi masalah atau kerusakan pada panel surya.

Penutup

Sebelum memilih panel surya, Anda harus memahami tentang daya dan kapasitas panel surya serta faktor-faktor lain yang harus dipertimbangkan. Jika anda ingin mengetahui daya dan kapasitas yang cocok untuk rumah anda, Hubungi Atonergi untuk berkonsultasi.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 81 = 86