Contoh Alokasi Dana Desa

Contoh – Contoh Alokasi Dana Desa yang Sukses Dijalankan

Dana Desa merupakan perwujudan dari kehadiran pemerintah Republik Indonesia bagi rakyatnya. Kehadiran Dana Desa memungkinkan desa mengatur keuangan sesuai dengan prioritas, potensi, kondisi, dan kebutuhan sendiri. Dengan kemudahan tersebut desa juga bisa menggerakkan perekonomiannya sehingga kesejahteraan masyarakat pun meningkat.

Dana Desa telah menjadi salah satu instrumen penting dalam pengembangan dan pemeliharaan kehidupan masyarakat pedesaan di Indonesia. Program-program yang didanai oleh Dana Desa telah membawa dampak yang signifikan bagi kemajuan ekonomi, infrastruktur, dan kesejahteraan masyarakat di berbagai daerah. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi lebih lanjut contoh-contoh program sukses yang didanai oleh Dana Desa, serta bagaimana program-program ini telah memberikan manfaat kepada masyarakat pedesaan.

Pentingnya Dana Desa dalam Pengembangan Pedesaan

Pengenalan tentang pentingnya Dana Desa sebagai instrumen untuk pembangunan dan pengembangan pedesaan.

1. Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa

Penjelasan mengenai bagaimana Dana Desa digunakan untuk memperbaiki dan membangun jaringan jalan di pedesaan, meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat.

2. Pembangunan Sarana Air Bersih

Contoh program pembangunan sarana air bersih yang dibiayai oleh Dana Desa, memperbaiki akses terhadap air bersih bagi masyarakat desa.

3. Pembangunan Sekolah Dasar dan Pendidikan

Inisiatif Dana Desa dalam membangun dan meningkatkan sarana pendidikan di pedesaan, termasuk pembangunan sekolah dasar dan fasilitas pendidikan lainnya.

4. Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Contoh program yang didanai oleh Dana Desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa, seperti pelatihan keterampilan, bantuan modal usaha, dan pengembangan produk lokal.

5. Pengembangan Pertanian Berkelanjutan

Inisiatif Dana Desa dalam mendukung pertanian berkelanjutan dan meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan.

6. Program Pengembangan Wisata Desa

Penggunaan Dana Desa untuk mengembangkan potensi wisata di pedesaan, menciptakan peluang ekonomi baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

7. Pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat

Contoh program pembangunan pusat kesehatan masyarakat yang didanai oleh Dana Desa, meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan dasar di pedesaan.

8. Rehabilitasi Pasar Tradisional

Inisiatif Dana Desa untuk merehabilitasi pasar tradisional di pedesaan, meningkatkan infrastruktur perdagangan lokal dan mendukung perekonomian masyarakat.

9. Program Pengelolaan Sampah dan Lingkungan

Penggunaan Dana Desa untuk mengelola sampah dan menjaga kebersihan lingkungan di pedesaan, menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan.

10. Program Peningkatan Akses Listrik

Contoh program yang menggunakan Dana Desa untuk meningkatkan akses listrik di pedesaan, meningkatkan kualitas hidup dan mendukung perkembangan ekonomi lokal.

11. Pembangunan Posyandu dan Layanan Kesehatan Ibu dan Anak

Inisiatif Dana Desa dalam memperkuat layanan kesehatan ibu dan anak melalui pembangunan posyandu dan fasilitas kesehatan lainnya.

12. Program Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Penggunaan Dana Desa untuk melatih masyarakat dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, meningkatkan akses terhadap informasi dan mendukung perkembangan ekonomi digital.

13. Pembangunan Fasilitas Olahraga dan Rekreasi

Contoh program pembangunan fasilitas olahraga dan rekreasi di pedesaan, meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.

14. Program Konservasi Lingkungan dan Kearifan Lokal

Inisiatif Dana Desa dalam mendukung program konservasi lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal di pedesaan.

15. Pembangunan Rumah Layak Huni

Contoh program pembangunan rumah layak huni yang didanai oleh Dana Desa, meningkatkan kualitas hidup dan pemerataan akses terhadap perumahan yang layak.

Contoh Nyata Program Dana Desa di Indonesia yang Sukses Dijalankan

1. Berhasil Perbaiki Infrastruktur, Jeringo Apresiasi Dana Desa

Pada tahun 2021, Desa Jeringo mendapatkan pagu Dana Desa sebesar Rp1.104.803.000. Pagu tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2020 sebesar Rp17.132.000. Dari pagu tersebut, Rp507.203.000 dialokasikan untuk pemenuhan sarana dan prasarana serta infrastruktur baik untuk penanganan pandemi Covid-19 maupun yang lainnya.

Keberadaan Sumur Bor di Desa Jeringo berhasil meringankan beban masyarakat dalam memperoleh air bersih. Selain untuk mandi, air dari Sumur Bor juga dapat digunakan untuk minum sehari-hari.
Masyarakat tidak perlu khawatir akan kualitas dari air tersebut karena Pemerintah Desa Jeringo melakukan kegiatan pemeliharaan sumber air bersih secara berkala.

2. Asa Desa Mata Air, Sebuah Cerita dari Teluk Kupang

Desa Mata Air adalah salah satu penerima Dana Desa Tahun 2021 untuk wilayah Kabupaten Kupang dan telah aktif menerima Dana Desa sejak tahun 2015. Nilai penyaluran dana desa tahun 2021 adalah sebesar Rp960.099.000 atau meningkat 11,5% dari alokasi anggaran Dana Desa tahun sebelumnya (2020) yaitu
Rp861.166.000.

Ketika keluar dari gerbang batas antara Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, kita langsung dimanja oleh pemandangan “tidak biasa” yang jarang ditemui di Kota Kupang. Sejauh mata memandang di kiri dan kanan jalan terhampar sawah menghijau, dari kejauhan terlihat garis pantai Teluk Kupang dengan pasir yang berkilauan berlatar bukit karang merona biru. Pada saluran drainase di pinggiran jalan utama Trans Timor, mengalir air jernih dari sumber mata air yang mengalir sepanjang tahun.

Air ini berfungsi sebagai penyuplai kebutuhan pengairan sawah dan ladang penduduk di desa serta biasanya digunakan oleh para pengendara sepeda motor untuk membersihkan kendaraan mereka
serta merendam kaki untuk melepas penat.

3. Pembangunan Jaringan Perpipaan Air Bersih dan Saluran Drainase di Desa Kayuuwi Satu

Pada periode Semester I 2021, Desa Kayuuwi Satu memiliki total pendapatan sebesar Rp920,1 juta dengan pendapatan dari Dana Desa sebesar Rp615,8 juta atau sekitar 66,92% dari total keseluruhan pendapatan desa. Sampai dengan 30 Juni 2021, tingkat realisasi pendapatan desa sebesar Rp303,7 juta atau 33%. Realisasi pendapatan Dana Desa sebesar Rp245,3 juta atau 81,11% dari total seluruh pendapatan. Dari sisi belanja, total alokasi belanja Desa Kayuuwi Satu sampai dengan 30 Juni 2021 sebesar Rp930,2 juta (defisit Rp10,07 juta).

Penggunaan Dana Desa dapat digunakan dalam mengatasi masalah di suatu desa akibat faktor geografis. Salah satu desa yang mengatasi masalah akibat faktor geografis adalah Desa Kayuuwi Satu.

Dana Desa tersebut dialokasikan untuk pembangunan jaringan perpipaan air bersih dan saluran drainase. Adanya sarana dan prasarana tersebut di Desa Kayuuwi dapat mengatasi kekurangan air bersih dan bencana banjir.

Baca Juga : Krisis Air Bersih di Bisesmus, NTT Bisa Diselesaikan dengan Pompa Air Tenaga Surya dari Atonergi

Kesimpulan

Dana Desa telah membuka peluang besar bagi pembangunan dan pemeliharaan kehidupan masyarakat pedesaan di Indonesia. Melalui berbagai program yang didanai oleh Dana Desa, banyak prestasi dan perubahan positif yang telah terjadi di berbagai pelosok desa. Dengan pengelolaan yang bijaksana dan partisipasi aktif dari masyarakat, Dana Desa dapat terus menjadi instrumen yang efektif dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

ATONERGI : SOLUSI PENYEDIA ENERGI TERBARUKAN

Sebagai perusahaan yang mendukung penghematan energi, maka Kami menawarkan solusi kepada Anda terkait penggunaan Pompa Air Tenaga Surya yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Semoga informasi di atas bisa membantu ya! Sobat Aton, jangan lupa cek artikel menarik lainnya seputar plts, pats dan energi terbarukan di Blog Atonergi

Sobat Aton, apabila anda memiliki rencana proyek memasang Pompa Air Tenaga Surya bisa hubungi tim Atonergi disini ya, Gratis konsultasi kok! Dapatkan Diskon hingga 50% dan Gratis Pemasangan.

By : yee snowy

Auth by : Faris Fakhruddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 69 + = 77