Cara Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya: Panduan Lengkap

Sumber: unsplash

Pompa Air Tenaga Surya bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin menghemat biaya listrik untuk kebutuhan air dan menjaga lingkungan sekitar. Dalam panduan ini, akan memberikan informasi lengkap tentang cara pemasangan pompa air tenaga surya dan apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memasangnya.

Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Milih PATS

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih pump solar water (PATS) yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, diantaranya:

  1. ukuran pompa air
  2. kedalaman sumur
  3. debit air yang dibutuhkan. 

Cara Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya

Setelah memilih pompa air tenaga surya yang tepat, berikut adalah cara pemasangan yang perlu Anda ikuti:

1. Persiapan Lokasi

Sebelum memasang pompa air tenaga surya, pastikan lokasi sudah bersih dari kerikil dan benda-benda lain yang dapat mengganggu pemasangan. Pastikan juga lokasi memiliki akses yang mudah untuk memudahkan pemasangan.

2. Pemasangan Panel Surya

Panel surya adalah sumber utama daya untuk pompa air tenaga surya. Pastikan panel surya ditempatkan di lokasi yang mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk menghasilkan daya yang dibutuhkan. Panel surya juga perlu dipasang di tempat yang aman dan terlindungi dari kerusakan.

3. Pemasangan Pompa Air

Setelah panel surya terpasang dengan baik, selanjutnya adalah memasang pompa air. Pastikan pompa air terpasang dengan baik dan terhubung dengan panel surya. Periksa juga koneksi kabel untuk memastikan tidak ada kabel yang terputus atau rusak.

4. Pemasangan Kontroler

Kontroler merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengatur pengisian daya pada baterai dan menjaga pompa air agar tidak berjalan pada malam hari atau saat kondisi cuaca buruk. Pastikan kontroler terpasang dengan baik dan terhubung dengan panel surya dan pompa air.

5. Pemasangan Baterai

Baterai diperlukan untuk menyimpan daya dari panel surya dan menggunakannya saat dibutuhkan. Pastikan baterai terpasang dengan baik dan terhubung dengan kontroler.

6. Pengujian Sistem

Setelah semua komponen terpasang dengan baik, lakukan pengujian sistem untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Pastikan pompa air berjalan dengan baik dan pengisian daya pada baterai berjalan dengan lancar.

Penutup

Pompa air tenaga surya bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin menghemat biaya listrik untuk kebutuhan air. Anda perlu memperhatikan cara pemasangan pompa air tenaga surya agar pompa dapat digunakan. Namun, lebih tepatnya Anda menggunakan jasa Atonergi untuk pemasangan.

by : yee atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 84 − = 75