Cara Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya: Panduan Lengkap

pemasangan
Sumber: canva

Tahukah Anda bahwa ada jenis pompa air yang dapat berfungsi tanpa listrik atau bahan bakar? Pompa air tenaga surya dapat menjadi solusi terbaik untuk memperoleh air dengan biaya rendah dan ramah lingkungan. Dalam artikel ini, akan membahas cara pemasangan pompa air tenaga surya yang efektif dan efisien.

Cara Pemasangan Pompa Air Tenaga Surya

Berikut ini adalah langkah-langkah memasang pompa air tenaga surya:

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Tempat yang tepat sangat penting untuk memasang PATS. Pastikan lokasi tersebut terkena sinar matahari secara langsung sepanjang hari. Hal ini akan memastikan panel surya dapat menangkap sinar matahari dengan optimal.

2. Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang PATS antara lain:

  • Pompa air tenaga surya
  • Panel surya
  • Kabel DC
  • Baterai
  • Kontroler pengisian baterai
  • Pipa PVC
  • Fitting pipa PVC
  • Selang air
  • Katup

3. Pasang Panel Surya

Selanjutnya adalah memasang panel surya. Panel surya harus terpasang dengan sudut yang tepat agar bisa menangkap sinar matahari secara optimal. Gunakan klem untuk memasang panel surya ke posisi yang tepat.

4. Sambungkan Kabel DC dan Kontroler Pengisian Baterai

Berikutnya, sambungkan kabel DC dari panel surya ke kontroler pengisian baterai. Kontroler pengisian baterai akan berfungsi untuk mengatur pengisian baterai dari panel surya.

5. Sambungkan Baterai

Kemudian, sambungkan baterai ke kontroler pengisian baterai. Pastikan polaritas kabel baterai sudah benar. 

6. Sambungkan Pompa Air

Langkah selanjutnya, sambungkan pompa air ke baterai dan kontroler pengisian baterai. Pastikan kabel pompa air sudah terpasang dengan benar. Anda juga perlu memastikan pompa air terpasang di tempat yang tepat dan aman.

7. Pasang Pipa PVC dan Fitting Pipa PVC

Selanjutnya, pasang pipa PVC dan fitting pipa PVC di lokasi yang telah Anda tentukan sebelumnya. Pastikan pipa dan fitting pipa terpasang dengan benar dan rapat. Hal ini akan memastikan air dapat mengalir dengan lancar.

8. Sambungkan Selang Air dan Katup

Berikutnya, sambungkan selang air ke pipa PVC dan pasang katup pada selang air. Pastikan sambungan selang air dan katup terpasang dengan benar dan rapat. Katup akan berfungsi untuk mengatur aliran air.

9. Uji Coba dan Pemeliharaan

Setelah semua komponen terpasang dengan benar, lakukan uji coba untuk memastikan pompa air tenaga surya berfungsi dengan baik. Pastikan Anda juga melakukan pemeliharaan secara rutin untuk menjaga performa pompa air tenaga surya.

Penutup

Pompa air tenaga surya adalah solusi yang baik untuk menghemat biaya listrik dan juga ramah lingkungan. Dengan mengikuti cara pemasangan PATS di atas, Anda dapat memasang PATS dengan mudah dan memperoleh manfaatnya dalam jangka panjang. Namun percayakan pemasangan Anda pada Atonergi!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 + 2 =