Cara Merawat PJU TS dengan Benar

Cara Merawat PJU TS dengan Benar

Cara Merawat PJU TS dengan Benar
sumber: pixabay

Apakah Anda memiliki lampu jalan yang digunakan untuk menerangi daerah sekitar rumah atau tempat kerja? Jika iya, maka Anda perlu mengetahui cara merawat PJU TS dengan benar agar pencahayaan malam hari tetap optimal dan dapat bertahan lama.

PJU TS (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya) saat ini semakin populer karena penggunaan tenaga surya yang ramah lingkungan dan hemat energi. Namun, perawatan yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencahayaan dan mengurangi umur layanan PJU TS. Oleh karena itu, mari pelajari cara merawat PJU TS dengan benar.

Langkah-langkah Cara Merawat PJU TS dengan Benar

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat PJU TS dengan benar:

1. Bersihkan Panel Surya Secara Berkala

Panel surya pada PJU TS menghasilkan energi dari sinar matahari. Oleh karena itu, pastikan panel surya tetap bersih dan bebas dari debu, kotoran, atau material lain yang dapat menghalangi sinar matahari. Anda dapat membersihkan panel surya dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air atau sabun ringan. Jangan menggunakan bahan kimia yang dapat merusak permukaan panel surya.

2. Periksa Baterai Secara Rutin

Baterai pada PJU TS merupakan sumber daya utama yang digunakan untuk menyalakan lampu pada malam hari. Pastikan baterai dalam kondisi yang baik dan terisi penuh sebelum digunakan. Anda dapat memeriksa kondisi baterai dengan menggunakan voltmeter atau menghubungi teknisi terkait.

3. Ganti Lampu LED yang Rusak

Lampu LED pada PJU TS memainkan peran penting dalam memberikan pencahayaan yang optimal pada malam hari. Pastikan lampu LED dalam kondisi yang baik dan ganti segera jika rusak. Lampu LED yang rusak dapat mengurangi kualitas pencahayaan dan memperpendek umur layanan PJU TS.

4. Periksa Sistem Kontrol Secara Berkala

Sistem kontrol pada PJU TS memungkinkan Anda untuk mengatur waktu pencahayaan dan mode operasi lainnya. Pastikan sistem kontrol berfungsi dengan baik dan melakukan pengaturan yang diperlukan untuk memastikan pencahayaan yang optimal. Anda dapat memeriksa sistem kontrol dengan menghubungi teknisi terkait.

5. Periksa Kabel dan Konektor

Kabel dan konektor pada PJU TS seringkali mengalami kerusakan akibat cuaca atau faktor lainnya. Pastikan kabel dan konektor dalam kondisi baik dan terhubung dengan benar. Periksa apakah ada kabel yang terputus atau konektor yang aus, dan ganti jika perlu.

6. Hindari Pemasangan Panel Surya yang Terhalang

Pastikan panel surya PJU TS terpasang pada tempat yang tidak terhalang oleh bangunan atau pohon. Hal ini penting untuk memastikan panel surya dapat menerima sinar matahari secara optimal dan menghasilkan energi yang cukup untuk menghidupkan lampu LED pada malam hari.

7. Perhatikan Kualitas Panel Surya, Baterai, dan Lampu LED

Kualitas panel surya, baterai, dan lampu LED sangat penting untuk memastikan kinerja PJU TS yang optimal. Pilihlah panel surya, baterai, dan lampu LED berkualitas tinggi yang dapat bertahan lama dan memberikan pencahayaan yang optimal pada malam hari.

Penutup

Jika anda ingin perawatan PJU TS terbaik, Hubungi Teknisi Atonergi jasa perawatan PJU TS terpercaya dan bersertifikat.

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Penulis: Tiger

Penyunting: Alpaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 4 × = 4