Cara Perakitan Panel Surya untuk Skema Panel Surya Sederhana

Sumber: Canva

Cara perakitan panel surya sendiri untuk skema panel surya sederhana adalah cara terbaik untuk menghemat biaya dan memaksimalkan potensi energi matahari. Dalam panduan ini, kita akan membahas langkah demi langkah bagaimana perakitan panel surya sendiri untuk skema panel surya sederhana dengan mudah dan efektif. 

Persiapan dan Pemilihan Bahan Untuk Perakitan Panel Surya

Sebelum memulai perakitan panel surya, pastikan Anda memiliki semua bahan dan peralatan yang diperlukan. Berikut adalah langkah-langkah persiapan dan pemilihan bahan untuk merakit panel surya sendiri untuk skema panel surya sederhana:

1. Pemilihan Sel Surya

Sel surya adalah inti dari panel surya. Pilihlah sel surya yang berkualitas tinggi dan efisien untuk memaksimalkan penghasilan energi. Ada dua jenis sel surya yang dapat Anda pilih: polikristalin dan monokristalin. Perbedaan antara keduanya adalah polikristalin lebih murah, sedangkan monokristalin lebih efisien.

2. Pemilihan Baterai

Baterai adalah tempat penyimpanan energi dari panel surya. Pilihlah baterai yang cocok dengan panel surya Anda. Ada beberapa jenis baterai yang dapat Anda pilih: baterai asam timbal, baterai gel, dan baterai AGM. Pastikan untuk memilih baterai yang cocok dengan sistem panel surya Anda.

3. Pemilihan Inverter

Inverter berfungsi mengubah arus DC yang dihasilkan oleh panel surya menjadi arus AC yang dapat digunakan oleh peralatan listrik. Pilihlah inverter yang berkualitas tinggi untuk memaksimalkan penghasilan energi dari panel surya Anda.

4. Pemilihan Kabel

Kabel digunakan untuk menghubungkan sel surya, baterai, dan inverter. Pilihlah kabel yang kuat dan berkualitas tinggi agar dapat menangani arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya.

Perakitan Panel Surya Sendiri untuk Skema Panel Surya Sederhana

Setelah semua bahan dan peralatan terpilih, langkah berikutnya adalah merakit panel surya sendiri untuk skema panel surya sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Tahap 1: Membuat Kerangka Panel Surya

Buat kerangka untuk menempatkan sel surya. Anda dapat menggunakan kayu atau bahan logam yang kuat dan tahan lama. Pastikan kerangka memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran sel surya yang akan Anda gunakan.

Tahap 2: Memasang Sel Surya

Pasang sel surya ke dalam kerangka dengan hati-hati dan pastikan sel surya terpasang dengan rapat. Gunakan lem khusus sel surya agar sel surya tetap menempel pada kerangka panel surya.

Tahap 3: Memasang Baterai dan Inverter

Setelah sel surya terpasang dengan rapat, pasang baterai dan inverter ke dalam kerangka panel surya. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pemasangan pada masing-masing peralatan.

Tahap 4: Menghubungkan Kabel

Terakhir, hubungkan kabel dari sel surya, baterai, dan inverter dengan hati-hati dan pastikan kabel terpasang dengan aman dan rapat.

Penutup

Perakitan panel surya sendiri untuk skema panel surya sederhana adalah cara yang efektif dan hemat biaya untuk memanfaatkan energi matahari. Namun, percayakan perakitan panel Anda pada Atonergi.

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979

Instagram: @atonergi
Project: @atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 9 × = 81