Cara Menghitung Break Even Point (BEP): Panduan Lengkap  

Sumber: canva

Apakah Anda ingin mengelola bisnis Anda dengan lebih efisien? Salah satu konsep penting dalam analisis bisnis adalah Break Even Point (BEP) atau titik impas. Dalam panduan ini, akan memberikan langkah-langkah praktis tentang cara menghitung BEP (Break Even Point) yang akan membantu Anda membuat keputusan.

Cara Menghitung BEP (Break Even Point)

BEP adalah titik di mana pendapatan bisnis Anda sama dengan total biaya yang dikeluarkan. Dalam kata lain, BEP menunjukkan jumlah penjualan yang diperlukan untuk mencapai titik impas, di mana tidak ada keuntungan atau kerugian yang terjadi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung BEP:

1. Menentukan Biaya Tetap (Fixed Cost)

Adalah biaya yang tetap dalam jumlah tertentu, terlepas dari volume penjualan Anda. Beberapa contoh biaya tetap termasuk sewa, gaji karyawan tetap, biaya administrasi, dan asuransi. Untuk menghitung BEP, Anda perlu mengetahui total biaya tetap per periode.

2. Menghitung Harga Satuan (Unit Price)

Adalah harga jual per unit produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda perlu menentukan harga satuan berdasarkan analisis pasar dan kebijakan harga Anda.

3. Menentukan Biaya Variabel per Unit (Variable Cost per Unit)

Adalah biaya yang berkaitan dengan produksi setiap unit produk atau jasa Anda. Contoh biaya variabel termasuk bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya pemasaran. Anda perlu menghitung total biaya variabel per unit.

4. Menggunakan Rumus BEP

Rumus dasar untuk menghitung BEP adalah sebagai berikut:

BEP = Biaya Tetap / (Harga Satuan – Biaya Variabel per Unit)

Rumus ini memberikan jumlah penjualan yang diperlukan untuk mencapai titik impas.

5. Menganalisis Hasil BEP

Setelah menghitung BEP, Anda dapat menganalisis hasilnya untuk membuat keputusan yang lebih baik. Apakah jumlah penjualan yang diperlukan untuk mencapai BEP terlalu tinggi atau terlalu rendah? Bagaimana Anda dapat mengoptimalkan biaya tetap atau meningkatkan harga jual untuk mencapai BEP?

Penutup

Dengan mengetahui cara menghitung BEP adalah langkah penting untuk mengelola bisnis Anda dengan lebih efisien. Dengan mengetahui jumlah penjualan yang diperlukan untuk mencapai titik impas, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas. Konsultasikan kepada Atonergi untuk mengetahui BEP PLTS atap Anda!

By: Yee Atonergi

PT. Reja Aton Energi (Atonergi)

WhatsApp 1: 0812-3460-5879
WhatsApp 2: 0821-4350-7979
Instagram: @‌atonergi
Project: @‌atonergi_project
Facebook: Atonergi
Youtube: Atonergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 13 = 18